Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jul 2015 09:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Naik Kereta Bawah Tanah di London

Kurnia Yustiana
detikTravel
Kereta bawah tanah di London, Inggris (Sugarfree/d'Traveler)
London - Kereta bawah tanah menjadi salah satu alat transportasi andalan untuk bepergian ke berbagai tempat wisata di London, Inggris. Traveler yang akan liburan ke London, sebaiknya simak dulu tips naik kereta bawah tanah berikut ini.

Kereta bawah tanah London yang berjuluk 'Tube' merupakan alat transportasi yang banyak digunakan warga serta turis yang liburan di sana. Naik kereta ini lebih disarankan karena cukup murah dan menjangkau hampir semua daerah di London, dari pusat hingga pinggiran kota.

Agar perjalanan di kereta menjadi lebih nyaman, ada tips penting yang bisa disimak. Disusun detikTravel, Rabu (29/7/2015) inilah 5 tips naik kereta bawah tanah di London:

1. Tiket

Ketika baru tiba di London, sebaiknya Anda segera membeli kartu Oyster. Kartu ini bisa digunakan untuk pembayaran tiket kereta bawah tanah serta bus tingkat di London. Dengan menggunakan kartu ini, biaya yang Anda bayarkan akan lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket biasa.

Kartu Oyster sistemnya seperti deposit. Anda membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu, nanti setiap menempelkan kartu untuk naik kereta, jumlah uang di dalam kartu akan berkurang secara otomatis.

2. Pahami peta jalur kereta

Sebelum naik kereta, pahami dulu jalur mana yang harus diambil agar bisa sampai ke tempat tujuan. Peta jalur kereta bawah tanah London bisa diunduh di internet dan disimpan di ponsel, serta banyak juga selebaran peta yang bisa diambil turis di bandara atau beberapa stasiun.

Jika belum menyimpan peta, di setiap stasiun juga akan terpampang jelas papan pemberitahuan mengenai kemana tujuan kereta dan jalur mana yang harus diambil. Kalau bingung, jangan ragu untuk bertanya dengan petugas. Mereka akan menjawab dengan senang hati.

3. Perhatikan garis batas

Untuk alasan keamanan, setiap menunggu kereta datang sebaiknya jangan berdiri melebihi batas aman antara jalur kereta dan calon penumpang. Biasanya ada garis batas berwarna kuning di di dekat jalur kereta yang bertuliskan 'mind the gap'.

4. Jaga keamanan barang pribadi

Jagalah barang bawaan Anda selama di kereta. Di kota besar seperti London, bukan berarti tidak ada pencopet yang berkeliaran. Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan ketika naik kereta.

5. Berdirilah di sisi eskalator yang tepat

Di stasiun kereta London, ada aturan tersendiri ketika menaiki eskalator. Jika ingin santai dan sedang tidak terburu-buru, berdirilah di sebelah kanan. Karena jalur sebelah kiri biasanya akan dilewati oleh orang-orang yang ingin bepergian dengan lebih cepat atau sedang terburu-buru.

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA