Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Agu 2016 17:30 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Penting untuk Kamu yang Mau Liburan Dadakan

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Liburan Dadakan
Shinta Angriyana - Berlibur spontan dan mendadak, kadangkala dilakukan oleh traveler. Meskipun terkesan tanpa persiapan, bukan artinya kamu pergi begitu saja. Ada tips sebelum memutuskan mau liburan mendadak atau tidak.

Bagi sebagian orang, liburan dadakan atau tanpa rencana jauh lebih seru dan asyik daripada liburan yang terencana. Namun liburan dadakan harus siap mental dan tetap butuh pengetahuan.

Dihimpun detikTravel, Kamis (18/8/2016) berikut 5 tips yang mesti kamu tahu kalau mau liburan dadakan:

1. Langsung bergerak tanpa banyak berpikir

Ide biasanya muncul secara tiba-tiba. Begitu pula ide ingin pergi berlibur, jangan sampai keinginan untuk berwisata sesaat hilang karena terlalu banyak berpikir apa yang terjadi kemudian.

Cukup bergegas dan mempersiapkan barang-barang penting seperti dompet dan gadget serta beberapa barang pribadi untuk penunjang jika ada kepentingan darurat.

2. Mencari destinasi wisata yang terjangkau

Liburan dadakan memang seru, namun tetap pastikan bahwa destinasi yang akan dituju masih dijangkau. Jangan sampai tempat yang dituju tidak terjangkau oleh transportasi baik pribadi atau umum.

Jika minim sinyal telepon atau internet, pastikan traveler sudah menghubungi orang terdekat jika ingin bepergian, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tanyakan kepada beberapa orang yang sudah pernah berkunjung sebelumnya atau mencari informasi dari berbagai sumber contohnya internet.

3. Membawa barang yang sesuai dengan tujuan wisata

Sesuaikan barang bawaan dengan lokasi yang akan didatangi. Jika traveler ingin pergi ke pantai, bawalah baju renang dan baju ganti serta peralatan mandi. Kalau mau naik gunung, bawa pakaian berbahan tebal seperti jaket atau lengan panjang untuk berjaga-jaga saat malam hari.

Juga sesuaikan dengan kondisi cuaca, apakah sedang musim kemarau atau musim hujan. Jangan sampai barang bawaan terlalu banyak sehingga merepotkan diri sendiri.

4. Ajak teman travelling yang seru

Pergi secara mendadak, tandanya harus membuat segala yang berkaitan dengan nyaman dan tidak membuat ribet. Untuk menemani sepanjang perjalanan, ajaklah teman yang seru dan anti ribet.

Pilihlah orang-orang yang sekiranya tidak mudah mengeluh soal kondisi yang akan dihadapi saat travelling. Karena, waktu akan terbuang hanya untuk mendengar keluhannya atau mengurusi keinginannya.

Selain itu, membawa teman yang tidak ribet juga dapat membantu traveler untuk berbagi, teman ngobrol atau menyelesaikan masalah yang dihadapi saat travelling.

5. Siap mental dengan kejadian tidak terduga

Hal yang tidak terduga biasanya datang jika bepergian tanpa persiapan. Bersiaplah untuk berbagai kejadian yang akan ditemui saat travelling dadakan. Tidak terduga bukan berarti semuanya negatif, namun bisa jadi keuntungan-keuntungan yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Memang hal buruk seperti tidak dapat tiket, kehabisan penginapan atau barang tertinggal memang menghambat berwisata. Tapi bisa saja traveler mendapat penginapan gratis dari warga sekitar atau cerita-cerita seputar lokasi yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Jangan terlalu banyak berkspektasi lebih soal apa yang akan ditemui, itu hanya akan membuat rasa kecewa jika yang dihadapi tidak sesuai keinginan. Jadikan semua hal baik dan buruk sebuah pengalaman yang tidak terlupakan saat pulang nanti.

Liburan tidak selamanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Buatlah petualangan baru yang membekas di hati sebagai kenangan indah. Yuk angkat ransel atau tarik koper! (krn/krn)

FOKUS BERITA

Liburan Dadakan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED