Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Okt 2016 11:40 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Traveling dari Dokter yang Gemar Bertualang

Melissa Bonauli
Redaksi Travel
dr Ratih saat memberikan materi traveling dalam acara Aksa 7 Bootcamp Bali (dok Aksa 7 Bootcamp Bali)
dr Ratih saat memberikan materi traveling dalam acara Aksa 7 Bootcamp Bali (dok Aksa 7 Bootcamp Bali)
Buleleng - Traveling memang identik dengan kegiatan outdoor. Seringkali traveler mengabaikan beberapa hal ini sehingga perjalanan jadi terganggu. Simak 5 tips berikut ya traveler!

Acara Aksa 7 Bootcamp Bali yang diadakan di Danau Tamblingan, tanggal 1-2 Oktober 2016 mengundang pakar kesehatan dr Ratih C Sari MH untuk memberikan tips aman saat traveling. Ratih yang juga gemar bertualang ini pun membagikan pengalamannya untuk memperkaya traveler sehingga trip yang dilakukan tidak mengalami kendala.

"Seringkali traveler mengabaikan dan memaksakan diri saat traveling," ungkap ratih. Untuk itu Ratih memberikan tips traveling aman buat traveler. Berikut 5 tipsnya:

1. Latihan

Sebelum melakukan kegiatan outdoor, traveler diharapkan untuk melakukan latihan. Hal ini bertujuan untuk melatih tubuh jika terjadi masa survival.

Masa survival adalah saat traveler dihadapkan dengan keadaan yang kritis. Hal ini seringkali terjadi saat melakukan pendakian. Bukan itu saja, latihan juga berguna sebagai peningkatan stamina tubuh. Sehingga saat melakukan traveling, tubuh dalam kondisi yang sangat prima.

2. Banyak Minum

Traveling termasuk ke dalam kegiatan berat. Sehingga tubuh tidak boleh kekurangan cairan. Air putih sangat direkomendasikan untuk traveleling. Kalau bisa ditambah dengan cairan elektrolit sehigga ion dalam tubuh tetap seimbang.

Banyak minum air putih merupakan kewajiban saat traveling. Kalau tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi yang sehingga mengalami pusing, mual, kejang bahkan kematian!

3. Jangan Malas

Kegiatan outdoor serperti pendakian memberikan banyak keringat. Cuaca buruk seperti badaipun harus dilalui. Traveler diwajibkan untuk segera berganti pakaian.

Ternyata malas mengganti pakaian juga bisa berdampak buruk pada perjalanan. Traveler bisa masuk angin bahkan sampai hipotermia.

4. P3K

First aid kit atau P3K merupakan bawaan wajib saat traveling. P3K harus selalu ada didalam tas masing-masing traveler. Kecelakaan memang bukan hal yang diharapkan. Tapi dengan adanya P3K akan mempermudah traveler saat mengalami kecelakaan.

P3K juga bisa ditambah dengan obat-obatan khusus yang diderita traveler. Sehingga mempermudah orang lain untuk membantu penyelamatan.

5. Siapkan Mental

Mental seringkali terabaikan oleh traveler. Kesiapan mental merupakan hal penting lainnya yang harus disiapkan saat traveling.

Hal ini berkaitan erat dengan pengambilan keputusan saat kondisi mendesak. Seringkali traveler terjebak dengan pengambilan keputusan yang fatal. Dalam hal ini kesiapan mental menjadi hal yang penting. Sehingga traveler dapat mengambil keputusan dengan baik. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED