Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Jan 2017 15:55 WIB

TRAVEL-TIPS

Liburan Mandiri Tanpa Travel Agent, Begini Tipsnya

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Tahun 2017, saatnya wujudkan liburan impianmu. Kalau sebelumnya kamu liburan mengandalkan jasa travel agent, tahun ini saatnya liburan mandiri.

Liburan memang asyiknya sudah ada yang membantu menyiapkan dan kita tinggal berangkat saja. Namun seni traveling itu justru ada di dalam fase merencanakan liburan. Jadi resolusi tahun 2016 ini adalah, jangan takut merencanakan liburan secara mandiri tanpa jasa travel agent.

Kamu yang mau mencoba tipe liburan seperti ini, sebaiknya menyimak beberapa tips yang bermanfaat. Dihimpun detikTravel, Kamis (5/1/2017), inilah 7 tips liburan mandiri tanpa travel agent:

1. Tentukan waktu liburan

Sebelum menyiapkan segala sesuatunya, yang paling pertama direncanakan adalah kapan waktu yang tepat untuk liburan. Kapan waktu keberangkatan, berapa lama, serta kapan pulangnya.

Setelah jadwal sudah fix, baru langkah selanjutnya bisa disusun. Dari mulai membeli tiket pesawat untuk Pulang-Pergi, hingga memesan akomodasi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan cuti, bila kamu ingin liburan yang sedikit lebih lama.

2. Pesan tiket dan akomodasi sejak jauh hari

Kalau sudah menentukan jadwal liburan, berarti saatnya memesan penginapan sejak jauh hari. Lebih baik disiapkan sejak dini, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di esok hari. Siapa tahu menjelang hari keberangkatan, semua hotel yang kita incar penuh oleh tamu.

Maka dari itu, booking hotel sejak jauh-jauh hari sangat disarankan untuk langkah prefentif. Selain itu, pastikan tanggal bookingnya benar sesuai dengan jadwal liburan kita. Jangan sampai salah pesan tanggal, bisa fatal akibatnya. Lagipula, booking online sekarang gampang banget.

3. Belajar menyusun itinerary

Liburan tanpa travel agent berarti kamu punya kewenangan penuh memilih rute destinasi wisata alias itinerary perjalanan. Itinerary yang ditawarkan travel agent bisa jadi gambaran awal.

Namun cobalah untuk menentukan destinasi sesuai dengan minat. Lama liburan menentukan jumlah tempat yang akan didatangi. Gabungkan destinasi yang berdekatan untuk dijelajahi dalam satu hari.

Kombinasikan destinasi mainstream dan populer, dengan destinasi yang kamu minati secara khusus. Ingat, liburan itu harus bisa dinikmati.

4. Belajar membaca peta

Liburan tanpa tour agent artinya tidak ada pemandu yang mengantar kita kesana kemari. Untuk itu, kemampuan membaca peta saat liburan sendirian jadi skill penting agar kamu tidak mudah tersesat.

Mulailah dengan hal yang paling dasar, kamu harus mulai bisa membedakan mana arah utara, barat atau selatan. Dengan skill membaca peta yang mumpuni, otomatis kamu tidak perlu khawatir akan tersesat bila sedang liburan sendirian.

Tidak perlu repot mencari peta gratisan di pusat informasi wisata, peta digital di smartphone kita juga sudah sangat membantu. Tapi bila membaca peta masih belum efektif juga, terpaksa kita harus memakai cara lama, yaitu bertanya kepada orang yang tahu.

5. Informasi soal transportasi

Kamu juga mesti mencari informasi-informasi lengkap terkait dengan transportasi umum di daerah kamu akan liburan. Informasi dasar ini tentunya akan sangat berguna bagi kamu yang mengandalkan transportasi publik untuk berpindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya.

Kamu harus tahu berapa ongkos yang perlu dikeluarkan untuk sekali naik bus atau kereta, di stasiun atau terminal mana kita akan turun, serta berapa lama estimasi waktu kita akan sampai ke tempat tujuan. Kalau info-info itu kamu sudah paham, niscaya kamu sudah siap untuk liburan mandiri tanpa ditemani siapapun.

6. Baca info diskon wisata

Liburan secara mandiri kadang ada manfaatnya juga. Apabila kamu pemburu diskon, jangan lewatkan info-info tentang diskon yang ada di tempat wisata. Dengan sendirian, otomatis kamu akan bebas dan tidak terikat ingin berburu diskon dari mana saja.

Misalnya saja, saat membeli tiket terusan yang ternyata bisa dapat harga yang lebih murah. Atau terkadang juga ada tempat wisata yang memberikan diskon bila kamu bisa membuktikan diri masih berstatus sebagai seorang pelajar/mahasiswa. Pasti seru bisa mencoba kesempatan itu.

7. Rajin blogwalking

Terakhir, jangan malas mencari informasi. Mulai dari sekarang kamu mesti rajin blogwalking, membaca pengalaman traveler lain yang sudah pernah berkunjung ke destinasi yang akan kamu kunjungi. Siapa tahu kamu akan mendapat informasi berharga bila rajin membaca.

Ada kesempatan juga kamu akan berkenalan dengan orang-orang baru akibat sering membaca blog berisi informasi yang sama. Siapa tahu kalian bisa bertemu dan menjadi teman akrab di sepanjang perjalanan. Sangat layak untuk dicoba! (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED