Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Jun 2017 15:30 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Pulang Kampung Bebas Stress

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi mudik Lebaran (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi mudik Lebaran (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Saatnya Pulang Kampung
Jakarta - Mudik ke kampung halaman saat libur Lebaran, selalu penuh perjuangan. Salah-salah menjalani mudik, malah bisa jadi stress. Kecuali, kita tahu tipsnya.

Mudik ke kampung halaman memang menjadi salah satu tradisi di Indonesia. Karena banyaknya pemudik yang pulang ke daerah, biasanya suasana menjadi jauh lebih ramai daripada sebelumnya.

Mulai dari tiket transportasi umum yang melonjak hingga macet saat membawa kendaraan pribadi dapat membuat lelah dan stress. Tetapi ada beberapa hal yang dapat menyiasati kelelahan tersebut.

Jangan khawatir, kali ini detikTravel, Kamis (22/6/2017) akan memberikan beberapa tips yang dapat digunakan saat pulang kampung dan dapat mengurangi stress. berikut selengkapnya:

1. Siap mental

Sudah tidak dapat dipungkiri padat dan macet merupakan hal yang utama harus dihadapi saat pulang kampung. Maka dari itu, persiapkanlah mental dengan matang.

Agar tidak terlalu kaget saat perjalanan siapkan mindset yang positif sepanjang mudik pulang kampung. Ingatlah ada keluarga yang menanti di kampung halaman yang menjadi pelipur lara saat terlalu lelah menempuh perjalanan.

2. Ada teman ngobrol yang seru

Menempuh perjalanan jauh, hiburan minim, yang paling mudah adalah ajak teman ngobrol yang seru. Ini juga dapat menambah skill interpersonal kamu!

Misalnya, bersama keluarga. Ajaklah keluarga untuk mengobrol soal hal-hal yang ringan tapi seru. Lama-lama tidak akan terasa kepenatan saat di dalam perjalanan. Bosan hilang, tahu-tahu sampai tujuan!

3. Isi gadget dengan aneka hiburan

Setiap orang pasti punya obat kebosanannya sendiri. Kalau suka main game, download game yang seru. Hobi menonton film, bawalah DVD terbaru yang seru. Bisa juga mengunduh lagu-lagu kesukaan di gadget.

Hiburan ini saat berfungsi di kala pulang kampung. Bayangkan saja, berjam-jam kamu menuju kampung tercinta dan tidak melakukan apa-apa. Kalau pergi bersama-sama, cobalah bermain permainan interaktif seperti tebak-tebakan atau sebutkan kata. Siapa tahu jadi makin seru di sepanjang jalan.

4. Menyetir dengan stabil

Apabila membawa kendaraan pribadi, baiknya menyetirlah dengan stabil. Jika ingin santai, teruslah menyetir dengan santai. Begitupun jika ingin dengan sedang atau cepat.

Jika siklus menyetir berubah-ubah, traveler akan cepat merasa lelah. Perjalanan pun akan terasa membosankan dan membuat letih. Jangan lupa untuk memilih rute alternatif yang mudah untuk dilalui agar tidak menambah stress.

5. Beristirahat setiap 3-4 jam

Penting! Tubuh manusia tidak selamanya dalam kondisi prima. Untuk menambah tenaga, istirahatlah selama 3-4 jam jika membawa kendaraan pribadi.

Ini juga dapat menghindarkan traveler dari mengantuk dan mencegah hal yang tidak diinginkan. Intinya, tetap santai dan aman agar selamat sampai tujuan. (krn/fay)

FOKUS BERITA

Saatnya Pulang Kampung
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.