Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Agu 2017 10:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Catat! Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Liburan

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Ilustrasi traveler (Thinkstock)
Ilustrasi traveler (Thinkstock)
Jakarta - Liburan jadi aktivitas paling menyenangkan untuk dilakukan. Namun jangan lakukan 6 hal berikut ini, kalau kamu seorang traveler yang bertanggung jawab.

Berkunjung ke suatu destinasi wisata untuk bersenang-senang mengisi liburan itu adalah hak semua orang. Namun, jangan sampai tindakan kita menganggu bahkan merusak tempat wisata.

Dikumpul detikTravel, Selasa (8/8/2017) ada beberapa hal yang jangan dilakukan di tempat wisata maupun tempat umum. Catat ya!

1. Membuang sampah sembarangan

Melihat sesuatu yang kotor dan dipenuhi sampah pasti tidak menyenangkan, bukan? Maka dari itu jangan mengotori keindahan tempat pariwisata yang kita kunjungi. Dimanapun itu, baik pantai, kebun binatang, taman bermain maupun gunung.

Sebagai pengunjung patuhi dan hormati kebijakan tempat pariwisata yang dikunjungi ya traveler. Jangan bersikap mentang-mentang kita membayar tiket, terus seenaknya berbuat di tempat wisata. Mari buang sampah ditempat ditentukan ya.

2. Jangan merusak dan mengotori

Masih lengket diingatan kita beberapa peristiwa kerusakan objek wisata. Seperti dinding yang dicoret-coret, patung yang disirami cat, dan pemetikan bunga edelwis oleh para pendaki.

Ayo traveler! Kita menjadi pengunjung cerdas dan penuh empati. Menikmati tanpa harus merusak!

3. Membawa benda tajam dan senjata api

Benda tajam dan senjata api memiliki persepsi lain lho, jika dibawa ke tempat umum. Walau benda-benda ini hanya untuk melindungi diri.

Jangan sampai nanti traveler dituduh sebagai seorang kriminal. Apalagi benda tersebut, walau tidak sengaja bisa saja melukai pengunjung lain. Apalagi benda tajam dan senjata api yang trqveler bawa ilegal. Ih!

Yuk, patuhi peraturan dan mari jaga keamanan bersama-sama di tempat wisata ya.

4. Membawa benda berbau menyengat

Jangan bawa benda-benda yang berbau menyengat seperti durian, bensin, minyak tanah dan lainnya. Walau ada alasan tertentu untuk membawa benda-benda tersebut, namun jangan hal ini menimbulkan masalah.

Bau yang menyengat akan menganggu kenyamanan pengunjung lain. Apa lagi jika traveler berwisata menggunakan bus, dan bermain destinasi berkonsep indoor. Baunya bisa membuat pusing dan risih pengunjung lain.

5. Bermesra-mesraan dan berbuat tidak senonoh

Berlibur bersama pacar boleh-boleh saja, tapi kita juga harus menghormati pikiran dan menjaga pandangan pengunjung lain. Jangan kita menjadi buah bibir dan apalagi bahan cemooh di dunia maya.

Mari menjadi pengunjung sehat yang mengunjungi tempat wisata sesuai fungsinya. Traveler memang berlibur hanya untuk berlibur, bersenang-senang, mengisi waktu bersama keluarga, dan menikmati ciptaan Tuhan. Jangan deh hiasi tempat wisata dengan tindakan tidak senonoh. Jangan!

6. Mengunjungi atau memasuki area terlarang

Kebijakan dan larangan yang dibuat pihak wisata semata-mata untuk kenyamanan dan keamanan para pengunjung. Jadi jangan bersikap angkuh dengar cara tetap masuk ke wilayah larangan dengan alasan 'gue udah bayar tiket' maupun karena rasa ingin tahu.

Jangan deh coba-coba bertindak konyol dengan membahayakan diri sendiri. Apalagi tindakan bodoh itu direkam dan dipamer di media sosial. Oke, kalau traveler tidak terluka. Tetapi bagaimana jika terluka, serta objek wisatanya rusak, dan merepotkan banyak pihak?

Yuk, traveling dengan cerdas! (sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.