Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Agu 2017 15:50 WIB

TRAVEL-TIPS

7 Tips Nyaman Ikut Open Trip

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Ilustrasi traveler open trip (Thinkstock)
Ilustrasi traveler open trip (Thinkstock)
Jakarta - Ikutan open trip bisa jadi pilihan asyik buat liburan kamu. Sebelumnya, simak dulu tips nyaman ikut open trip berikut ini.

Kalau mau jalan-jalan seru bersama kenalan baru dengan harga yang lebih irit di kantong. Open trip bisa jadi pilihan. Penawaran traveling open trip kini sudah semakin banyak, baik di dalam maupun luar negeri.

Buat traveler yang sudah merencanakan ikut open trip, simak dulu tipsnya agar liburan jadi lebih nyaman. detikTravel menanyakan sejumlah traveler dari Komunitas d'Traveler yang sudah pernah ikut open trip, apa saja tipsnya supaya bisa open trip nyaman.

Dirangkum detikTravel, Kamis (24/8/2017), berikut tips nyaman ikutan open trip:

1. Siapkan barang bawaan

Saat open trip ada peralatan yang mungkin sudah termasuk dalam paket perjalanandan disediakan oleh penyelenggara. Namun ada pula barang pribadi yang memang harus disiapkan sendiri. Sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

"Semua keperluan pribadi harus disiapkan sendiri," ujar Novi, salah satu member Komunitas d'Traveler.

Obat-obatan, charger gadget, cemilan dan lain sebagainya, sebaiknya disiapkan dengan baik. Pastikan lagi semua barang yang wajib dibawa sudah ada di dalam tas sebelum berangkat.

2. Bawa kamera

Tentunya kamu nggak mau melewatkan mengabadikan momen seru saat open trip kan? Jangan lupa siapkan kamera atau pun ponsel kamu buat mengabadikan asyiknya jalan-jalan bersama para kenalan baru.

Sejumlah penyedia open trip memang ada yang memberikan dokumentasi dalam paket, tapi biar lengkap tak ada salahnya untuk foto-foto sendiri juga.

3. Ajak orang yang sudah dikenal

Memang asyik kalau bisa mendapat banyak kenalan baru saat open trip. Namun buat traveler yang mungkin merasa lebih nyaman jika ada orang lain yang lebih dahulu dikenal, ajak saja buat ikutan.

"Kalau bisa ajak satu teman yang sudah kenal jadi nggak asing-asing banget di trip itu," tutur Emi.

Baik itu teman kantor maupun saudara, ajak saja liburan bareng. Sama-sama menjajal asyiknya open trip.

"Ajak teman kantor, saudara, teman main yang sudah dikenal," kata Taufik.

4. Berbaur dengan traveler lain

Jika sudah mulai bergabung bersama para kenalan baru di grup open trip, saatnya bergaul. Jangan menyendiri atau hanya ngobrol dengan teman sendiri saja.

"Berbaur dengan peserta lain dan nikmatin waktu libur aja karena open trip memang cuma bawa diri," kata Deny.

5. Jangan sungkan bertanya ke penyedia open trip

Nah biar tak ada miskomunikasi antara kamu dan penyelenggara open trip. Jangan sungkan bertanya bila ada yang kurang jelas.

Misalnya kelengkapan apa yang disediakan dan dibawa sendiri, apa saja yang didapat, hingga berapa kali mendapat makan gratis. Setelah semua jelas, liburan pasti lebih nyaman.

6. Sedia uang secukupnya

Selama open trip tak menutup kemungkinan masih ada beberapa keperluan yang perlu di bayar sendiri. Baik untuk oleh-oleh, makanan maupun sewa alat yang belum termasuk paket.

Bawalah uang secukupnya, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Untuk itu sebaiknya carilah informasi dulu apakah di destinasi tujuan ada atm. Jadi kamu bisa mengira-ngira berapa cash yang harus dibawa.

7. Jaga stamina

Traveler biasanya akan melakukan banyak aktivitas saat open trip, baik snorkeling ataupun trekking. Jaga stamina agar bisa ikut semua aktivitas yang sudah direncanakan.

"Siapkan stamina. Dibawa enjoy aja," ujar Maria. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED