Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Nov 2017 18:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Jadi Travel Blogger? Ini Tips dari Alexander Thian

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Instagram/@amrazing)
Jakarta - Alexander Thian, salah satu travel blogger yang cerita dan foto-fotonya menginspirasi dan kocak. Dia berbagi tips kepada kamu yang mau jadi travel blogger.

Alex atau aMrazing, begitu nama bekennya. Dia menjadi salah satu pembicara di event d'Traveler Gathering #BikinJadiNyata. Dia berbagi tips traveling, menceritakan pengalamannya ke Maldives dan masih banyak lagi.

detikTravel pun berbincang dengan Alex, soal travel blogger. Kalau mau jadi travel blogger, apa ya tipsnya?

"Pertama harus ada modal untuk jalan-jalan, dari situ baru menulis dan motret. Menulislah yang baik karena bagaimana pun traveling itu sotry telling. Yang 'dijual' adalah, pengalaman pribadi kamu dan setiap orang punya pengalaman yang berbeda-beda bukan? Kalau cuma itinerary dan tempat-tempat wisatanya saja itu mah sudah banyak di internet informasinya," kata Alex memulai di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu (25/11/2017).

Tapi sepertinya, banyak traveler yang bingung harus bagaimana cara memulai menulis. Bahkan beberapa ada yang menilai, menulis itu susah. Alex punya pandangan pribadi dan membantahnya.

"Semua orang bisa menulis. begini, ketika kita ngobrol sama orang, apa yang kita omongin itu adalah 'teks'. Tingal dipindahkan saja di notes. Dari kecil juga udah biasa nulis PR kan? Tinggal banyak latihan menulis saja," paparnya.

Soal foto, Alex menilai itu juga merupakan poin paling penting. Mulailah belajar memotret, tak harus dengan kamera yang mahal. Sebab foto itu, bercerita.

"Orang akan lebih suka kalau melihat foto-foto yang bagus dan cerita yang bagus. Itu penting banget bagi travel blogger," tegasnya.

Hasil foto Alex di Raja AmpatHasil foto Alex di Raja Ampat (Instagram/@amrazing)


Selain menulis dan memotret, dua hal lain yang penting untuk menjadi travel blogger menurut Alex adalah lebih peka dan jangan malu-malu saat pergi traveling.

"Lebih peka sama masyarakat setempat, budaya dan alamnya. Jangan saat traveling malah di kamar hotel saja males keluar. Dengan ngobrol sama orang lain, kita bisa dapat referensi tempat atau hal yang baru yang nggak ada di internet. Itu bisa jadi referensi lagi buat kita," tutur pria berkacamata tersebut.

"Jangan malu-malu juga untuk bertanya. Tanya saja kalau memang kita tersesat atau bingung harus ke mana saat traveling. Itu jadi kenalan lagi sama orang baru," tutup Alex yang punya akun Instagram @amrazing.

Mau Jadi Travel Blogger? Ini Tips dari Alexander Thian(Instagram/@amrazing)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA