Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Des 2017 17:45 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Liburan Saat Musim Hujan

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Musim hujan bukan halangan untuk berwisata. Supaya liburan kamu tidak berantakan, perhatikan dulu tips liburan saat musim hujan ya.

Musim hujan biasanya melanda beberapa wilayah Indonesia pada bulan Oktober-April. Nah musim hujan telah tiba. Bagaimana ya liburan saat sedang musim hujan seperti ini? Dirangkum detikTravel, Sabtu (2/12/2017) ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat ingin liburan pada musim penghujan:

1. Kunjungi tempat aman

Traveler bisa memilih tempat yang aman dari kemungkinan banjir, maupun longsor. Jadi, pada musim hujan ini hindari dulu, jalan-jalan kawasan sungai, gunung, maupun lereng perbukitan.

Destinasi indoor pun menjadi pilihan liburan. Traveler bisa ajak keluarga makan bersama di restoran atau berburu kuliner, berkunjung ke museum-museum, sekadar menginap di villa, atau menonton dan lain sebagainya.

2. Jaga kesehatan

Biasanya pada saat musim hujan, perubahan suhu panas dan dingin berganti begitu cepat. Minumlah vitamin dan air putih yang cukup, serta makanan bergizi untuk menjaga stamina traveler saat traveling.

Setelah kehujanan misalnya, usahakan juga bisa mandi dengan air hangat, dan mengosumsi yang hangat-hangat.

3. Bawa peralatan lengkap

Sediakan selalu jas hujan atau payung di dalam tas traveler. Dan juga pakailah sepatu karet atau alas kaki yang tidak menyerap hujan.

Gunakan juga pakaian yang tidak terlalu menyerap air. Pilihan lainnya traveler bisa mempersiapkan topi, syal, sweater, kaus kaki, serta jaket yang berguna menahan suhu dingin. Sediakan juga plastik untuk memisahkan baju basah yang terkena hujan dengan baju kering di dalam tas.

Serta selalu sediakan obat-obatan dan vitamin, seperti minyak angin, obat flu, obat batuk, diare, dan sebagainya.

4. Selalu update prakiraan cuaca di BMKG

Jika traveler ingin berkunjung ke sebuah destinasi, cek terlebih dahulu curah hujan di wilayah tersebut. Karena curah hujan dan waktu tiap-tiap daerah juga berbeda. Dan juga biasanya hujan turun pada pagi hari atau sore hari. Jadi traveler bisa menyusun rencana perjalanan tanpa khawatir dilanda hujan lebat. Selamat liburan! (sym/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED