Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Des 2017 17:50 WIB

TRAVEL-TIPS

9 Tips Penting untuk Liburan Akhir Tahun

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Wisatawan liburan akhir tahun di Pantai Kuta (Masaul/detikTravel)
Foto: Wisatawan liburan akhir tahun di Pantai Kuta (Masaul/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Jakarta - Sudahkah traveler menyusun rencana liburan akhir tahun? Ada beberapa tips penting yang perlu disiapkan agar liburan berjalan dengan lancar.

Disusun detikTravel, Kamis (21/12/2017), traveler harus sudah tahu tipsnya saat memasuki pekan-pekan akhir tahun ini. Apa saja?

1. Menyusun rencana

Susun perencanaan, apakah mau liburan akhir tahun di dalam kota, atau keluar kota atau keluar negeri. Hal itu penting dilakukan jika traveler tidak memiliki waktu yang cukup fleksibel.

Jikalau waktu liburan memerlukan perpanjangan waktu karena suatu hal, ini bisa disiasati. Jadi, perencanaan ini lebih terkait waktu liburan agar berjalan nyaman walau terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.

Ilustrasi tiket perjalanan kereta (Mindra Purnomo/detikTravel)Ilustrasi tiket perjalanan kereta (Mindra Purnomo/detikTravel)


2. Pesan tiket lebih awal

Kalau poin ini pasti traveler sudah tahu alasannya. Kenapa? Dapat dipastikan bahwa traveler akan kesulitan mendapat tiket jika membeli di hari keberangkatan karena volume penumpang yang meningkat pesat dibanding hari biasa.

3. Teliti menghitung biaya

Sesuaikan perjalanan liburan dengan budget yang ada. Jadi traveler jangan asal belanja dan mengeluarkan uang saat liburan.

Hal di atas untuk menghindari pengeluaran yang berlebih karena terlena saat liburan. Pastinya tidak baik pula jika Anda terlalu boros dalam membelanjakan uang saat liburan akhir tahun.

4. Perlengkapan pribadi jangan lupa

Persiapkan perlengkapan pribadi untuk liburan. Apa saja? Mulai dari obat sampai kosmetik

Jika traveler memiliki masalah kesehatan jangan sampai dihiraukan. Sekecil apapun obat, harus dibawa supaya liburan akhir tahun berjalan lancar pula.

5. Jaga kesehatan

Tentu traveler tidak ingin liburan akhir tahun bersama orang tersayang malah terhambat. Dengan menjaga pola tidur dan makan yang teratur adalah poin pentingnya. Jadi petualangan traveler saat liburan akhir tahun akan semakin menyenangkan.

Ilustrasi kartu debit dan kredit (Ari Saputra/detikTravel)Ilustrasi kartu debit dan kredit (Ari Saputra/detikTravel)

6. Siap uang tunai

Kartu debit ataupun kredit memang ringkas dan memudahkan dalam bertransaksi. Namun ada satu hal yang perlu traveler ketahui, apa itu?

Tidak semua tempat yang traveler kunjungi terdapat fasilitas yang mendukung uang elektronik itu. Jadi persiapkan uang tunai pula ya!

7. Pilih destinasi anti mainstream

Kenapa traveler dianjurkan memilih destinasi anti mainstream? Jawabannya adalah bagi traveler yang terlalu suka keramaian pasti menemukan ketenangan saat liburan akhir tahun. Jauh dari hiruk pikuk akan menjauhkan traveler pula dari kemacetan.

8. Cek cuaca

Ketahui cuaca dan kondisi alam tempat yang dituju. Cuaca di pergantian tahun adalah masa musim penghujan.

Hal di atas diungkapkan BMKG saat dihubungi detikTravel beberapa waktu lalu. Jika traveler berniat pergi berlibur ke gunung, BMKG hanya menyarankan pendakian saat pagi hingga siang hari saja.

9. Pilih pergi dengan siapa

Liburan bareng bersama teman atau keluarga, biar seru. Kalau poin ini pasti traveler sendiri sudah merasakan. Terserah mau pilih liburan dengan siapa yang dirasa spesial.

Kembali pada hakikat manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan yang lainnya. Walau hanya membakar jagung di pinggir pantai, liburan akhir tahun Anda terasa lengkap bersama orang terdekat.

Yuk liburan akhir tahun! (msl/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED