Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Des 2017 09:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini Tips Buat kamu yang Mau Liburan Akhir Tahun ke Yogya

Usman Hadi
detikTravel
Foto: (Kurnia/detikTravel)
Foto: (Kurnia/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Yogyakarta - Yogyakarta punya beragam pesona, dari wisata kuliner hingga wisata belanja ada. Mau liburan akhir tahun ke sana? Baca tips ini dulu ya.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membagikan tips buat wisatawan agar bisa menikmati keindahan Kota Yogya. Caranya wisatawan dianjurkan untuk menggunakan transportasi sepeda ontel, andong, becak untuk mengelilingi Yogya.

"Nikmati Yogya dengan sepeda ontel, naik andong, becak atau dengan sepeda motor agar bisa puas menikmati Yogya," kata Heroe saat dihubungi wartawan, Selasa (26/12/2017).

Heroe menjelaskan, berkeliling di Kota Yogya menggunakan sepeda ontel atau dengan andong adalah cara paling efektif untuk menikmati keindahan kota budaya ini. Nantinya wisatawan bisa sepuasnya mengelilingi tempat wisata, termasuk Malioboro.

BACA JUGA: Pagi yang Tenang di Malioboro

"Malah dianjurkan untuk bersepeda, sehingga bisa menikmati kenyamanan Yogya. Bahkan bagi yang ingin ke Malioboro bisa pas malam atau pagi hari," jelasnya.

Meski lebih menyarankan memakai sepeda ontel dan andong saat berkeliling Yogya, Heroe tidak mempermasalahkan bagi wisatawan yang menggunakan mobil. Pemerintah sendiri telah menyiapkan kantong-kantong parkir di dekat obyek wisata.

"Yang menggunakan (kendaraan) roda 4 silakan parkir di Abu Bakar Ali, Stasiun Tugu, Tempat Parkir Senopati atau Sriwedari, bisa juga di Tempat Parkir Ngabean. Selanjutnya (wisatawan) bisa jalan kaki atau menikmati sensasi dengan naik andong," paparnya.

Selain Malioboro, lanjut Heroe, masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Di antaranya Taman Pintar, Bonbin Gembiraloka, Pakualaman, Kraton, Kotagedhe, pusat-pusat batik di sekitar Tamansari dan Kadipten.

"Yogya juga ada 21 kampung wisata, ada 30 kampung sayur yang inspiratif. Serta kuliner dan tempat nongkrong yang tersebar di tengah kota, seperti di tempat wisata, di kampung-kampung sampai beberapa tongkrongan pinggir sungai," sebutnya.

"Atau (wisatawan) bisa berkelana di jajanan khas Yogya dan pusat oleh-oleh, sehingga bisa tuntas menikmati Yogya. Pelayanan transportasi taksi konvensional dan online bahkan bisa melayani 24 jam," pungkas Heroe. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED