Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Jan 2018 17:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Liburan Aman Berenang di Hotel Bareng Anak

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Menginap di hotel, salah satu aktivitas yang umum dilakukan traveler adalah berenang. Tapi, berenang bersama anak yang aman di hotel, ada tipsnya.

Berenang bersama anak saat menginap di hotel, harus dipastikan betul keamanannya. Jangan sampai yang niatnya mau bersenang-senang, malah terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kali ini, detikTravel Kamis (4/1) telah merangkum beberapa tips untuk berenang aman bersama anak:

1. Ketahui situasi dan kondisi kolam renang hotel

Sebelum berenang, lihat dulu suasananya karena kolam renang setiap hotel berbeda bentuknya. Ini akan mempermudah traveler untuk mengawasi si kecil ketika sedang berada di kolam renang.

Ketahuilah di mana letak kolam, sudut-sudutnya serta tempat penjaga kolam. Duduklah di tempat yang mudah melihat anak berlalu lalang saat berenang, atau baiknya orang tua ikut berenang agar mudah mengawasi anak.

2. Perhatikan pembagian kolam

Bentuk kolam renang di setiap hotel berbeda-beda. Kita harus perhatikan betul pembagian kolam dewasa yang dalam dan kolam anak yang dangkal.

Yang paling ideal adalah hotel yang memisahkan kolam anak dan kolam dewasa. Namun kadang 2 kolam ini menempel, kalau demikian perhatikan betul pemisahnya.

Apakah pagar dan temboknya bisa menahan anak pindah kolam atau tidak. Kalau tembok dan pagarnya mudah diseberangi oleh anak, orangtua hendaknya berjaga di sisi kolam dewasa.

3. Selalu gunakan pakaian renang

Untuk berenang, traveler harus pastikan memakai baju yang tepat yakni baju berenang. Jangan gunakan baju katun yang dapat membuat berat di dalam air.

Ini penting apalagi saat kolam renang di hotel yang punya seluncuran atau wahana khusus anak. Agar tidak tersangkut dan lebih ringan di dalam air, baju renang menjadi solusi yang aman.

4. Sedia pelampung dan kacamata renang

Kalau mau ekstra aman, baiknya gunakan pelampung, ban berenang dan kacamata renang. Ini dapat membantu anak mengambang dan melihat di dalam air,

Apalagi, anak-anak biasanya belum memahami betul risiko dari berenang di kolam yang cukup dalam. Pilihlah juga pelampung yang menempel di tubuh dan tidak mudah lepas.

5. Selalu pantau anak

Apapun kondisinya, saat anak sedang berenang sudah wajib untuk diawasi oleh orangtua. Para orangtua harus selalu melihat gerak-gerik anak dan memastikan apakah si kecil aman.

Jangan membiarkan anak sendirian di kolam renang tanpa pengawasan orang dewasa. Begitupun jika orang tua ingin berenang, harus bergantian menjaga si anak.

Berenang di kolam renang hotel bisa jadi aktivitas yang menyenangkan saat liburan. Namun pastikan orangtua selalu awas dan perhatian ya! (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Berkunjung ke Negeri Para Dewa

Senin, 25 Jun 2018 10:35 WIB

Yunani dikenal sebagai negeri Para Dewa. Di Athena, traveler bisa menikmati aneka bangunan bersejarah yang sudah bertahan sejak ratusan tahun silam.

Laporan dari Singapura

Spot Foto Mural Keren di Singapura

Senin, 25 Jun 2018 09:35 WIB

Traveler yang hobi berburu mural fotogenik, Singapura punya spot menarik untuk disambangi. Bukan Haji Lane, inilah Singapore Tunnel Art yang super keren.