Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jan 2018 14:46 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Menghadapi Gempa Saat Traveling

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: (Istimewa)
Foto: (Istimewa)
Jakarta - Gempa hari ini di Jakarta dan kota sekitarnya mengagetkan semua orang. Bagi traveler yang sedang di wilayah gempa, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Gempa bisa terjadi dimana saja, apalagi di destinasi wisata yang dekat sabuk gunung api dan pertemuan lempeng bumi seperti di Indonesia. Selasa (22/1/2018) baru saja terjadi gempa besar 6,4 SR yang berpusat di Lebak, Banten dan dirasakan di Jakarta serta kota sekitarnya.

Kalau sampai traveler berjumpa gempa saat sedang berada di suatu destinasi, harus tahu kiat-kiat supaya tetap aman. Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, inilah kiat menghadapi gempa:

1. Tetap tenang

Meskipun gempa sedang berlangsung, kondisikan fisik dan mental agar tetap tenang. Ini akan membantu proses evakuasi nantinya.

2. Berlindung di bawah meja

Jika sedang berada di dalam ruangan, berlindunglah di bawah meja atau benda berat agar tidak tertimpa reruntuhan yang jatuh menimpa badan.

3. Hindari lift, pakai tangga darurat

Jika traveler sedang ada di dalam gedung, jangan menggunakan lift. Lift bisa sewaktu-waktu mati di tengah jalan. Gunakanlah tangga darurat saat situasi seperti ini.

4. Cari tempat lapang dan jauhi gedung

Pergilah ke lapangan terbuka dan jauhi dari gedung. Berkumpulah di tempat evakuasi jika sedang bersama rombongan traveler lain.

5. Jangan bawa benda mudah terbakar

Sebisa mungkin, jangan bawa benda mudah terbakar. Seperti korek api, gas, lilin, atau benda yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan percikan api.

6. Jangan berkendara

Jika sedang road trip di destinasi dengan mobil kendaraan lainnya. Turun dan tinggalkan kendaraan serta carilah tempat yang luas dan lapang.

7. Jauhi pantai

Jika traveler sedang berada di pantai, segera menjauh dari pantai untuk menghindari risiko tsunami. Segera cari tempat yang lebih tinggi.

Stay safe ya, traveler!

[Gambas:Video 20detik]

(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED