Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jan 2018 12:55 WIB

TRAVEL-TIPS

Harus Baca! Tips Liburan Murah ke Jepang

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Foto: Suasana di Tokyo, Jepang (Dok. Travelweek)
Foto: Suasana di Tokyo, Jepang (Dok. Travelweek)
Tokyo - Jepang adalah destinasi hot buat traveler Indonesia. Banyak yang berlomba-lomba liburan ke sana. Tapi sudah tahu belum cara paling paten liburan murah ke Jepang?

Ada banyak tips dan trik liburan ke Negeri Sakura. Kalau kamu traveler kelas ransel, urusan duit jadi hal paling penting kan.

Pengeluaran paling besar adalah urusan makan, transportasi dan penginapan. Ini dia yang perlu disiasati. detikTravel, Senin (29/1/2018) inilah tips paling oke untuk liburan murah ke Jepang:

1. Cari tiket pesawat jauh-jauh hari

Rencanakan perjalanan sejak satu tahun sebelumnya. Cari tiket pesawat jauh-jauh hari. Pasti banyak promo tiket bertebaran, kamu bisa berburu online, atau mendatangi pameran traveling.

Saat jauh-jauh hari, kamu bisa pilih-pilih mau naik apa. Maskapai bujet ke Jepang ada AirAsia, kalau mau full service ada Garuda Indonesia atau ANA yang harga tiketnya masih miring kalau beli jauh-jauh hari.

2. Coba akomodasi non-hotel online


Harus Baca! Tips Liburan Murah ke JepangKamar milik warga di Jepang (Fitraya/detikTravel)



Saran detikTravel, lupakanlah opsi menginap di hotel. Selain mahal, kamar hotel di kota besar Jepang seperti Tokyo, ukurannya agak kecil daripada standar hotel di Indonesia.

Mumpung liburan ke Jepang, memang layak mencoba akomodasi non-hotel online yang banyak bertebaran di internet. Kamu bisa coba kamar atau rumah milik orang Jepang. Apalagi kalau traveling bareng teman-teman atau keluarga.

Di Tokyo, kamu masih bisa dapat satu rumah untuk diisi 5 orang dengan harga Rp 500 ribu-700 ribu semalam. Kapan lagi dapat pengalaman tidur di kasur futon ala Nobita?

3. Kalau pindah banyak kota, pakai JR Pass

Harus Baca! Tips Liburan Murah ke JepangKartu JR Pass (Fitraya/detikTravel)


Nah sekarang urusan transportasi. Pertanyaannya apakah kamu bakal pindah ke banyak kota? Misalnya 4 sampai 5 kota, dari Osaka ke Kyoto, lalu Yokohama ke Tokyo sampai ke Sapporo atau Kanazawa. Merambah Jepang banget deh.

Kalau demikian, pertimbangkan pakai Japan Rail Pass (JR Pass). Harganya 29.110 Yen untuk 7 hari (Rp 3,5 juta). Mahal di awal, namun kamu akan gratis naik semua kereta peluru Shinkansen (kecuali tipe Nozomi dan Mizuho) dan gratis naik KRL komuter yang dikelola Japan Railways. Harga JR Pass sama dengan harga tiket Shinkansen jarak jauh sekali jalan, lumayan banget!

Tapi... kalau kamu cuma pergi misalnya Osaka-Kyoto atau Kyoto-Tokyo, nggak usah beli JR Pass. Kamu cukup beli tiket bus malam antarkota dan untuk keliling naik kereta di dalam kota, kamu beli One Day Ticket saja.

4. Jangan ke restoran, coba Depachika

Harus Baca! Tips Liburan Murah ke JepangSebuah toko di Depachika (Fitraya/detikTravel)


Makan di restoran di Jepang sudah pasti mahal, apalagi kalau makan malam harganya naik, lebih mahal dari makan siang. Banyak backpacker bertahan hidup dengan makan onigiri dari hari ke hari. Iya kan?

Ya... nggak usah segitunya juga sih. Kamu bisa makan enak dan murah (serius murah) dengan membeli makanan di Depachika. Apa itu Depachika?

Depachika adalah lantai basement mal besar seperti Tobu, Seibu, Daimaru, Takashimaya dll. Lantai ini menjual makanan jadi yang rasanya enak dan murah. Untuk harga yang sama dengan seporsi ramen di restoran, kamu bisa dapat 2 porsi bento atau 4 menu masakan untuk dibawa pulang dan dimakan di kamar penginapan.

Tips lebih paten lagi: berburu makanan di Depachika malam hari sebelum toko tutup. Sekitar pukul 19.00-21.00, aneka Depachika akan mengobral makanan, ditandai dengan stiker obral berwarna kuning. Depachika juga jual nasi putih polos, jadi jangan kuatir.

Kamu bisa borong untuk makan malam, sarapan dan makan siang besok hari. Tinggal dipanaskan di microwave atau santap langsung saja. Makanan obralan malam hari juga tersedia di setiap supermarket (bukan minimarket) serta terkadang beberapa stasiun kereta besar punya toko bento.

5. Bawa WiFi dari Indonesia

Sewa modem WiFi sering jadi pilihan para traveler saat liburan ke Jepang supaya bisa tetap online dimanapun. Tempat penyewaan ada di setiap bandara di sana.

Namun, sekarang sudah banyak penyewaan modem WiFi portabel dari Indonesia. Ada beberapa provider, misalnya Wink, yang sinyalnya juga kencang di Jepang. Harga sewanya bisa lebih murah daripada di Jepang.

Satu lagi keuntungannya adalah, bebas ribet. Kalau sewa WiFi di Jepang, kamu mesti menyempatkan waktu buat cari konter saat baru mendarat di bandara dan cari konter lagi saat mau pulang dari Jepang. Kalau bawa WiFi dari Indonesia, tinggal dinyalakan dan kamu bisa langsung beraksi!

6. Maksimalkan destinasi gratis

Harus Baca! Tips Liburan Murah ke JepangRobot Gundam di Odaiba (Fitraya/detikTravel)


Mau liburan seru di Jepang, terkadang kamu nggak usah keluar uang. Karena, banyak destinasi keren dan gratis. Banyak kuil-kuil keren yang tidak usah bayar. Landmark-landmark seru yang gratis juga banyak untuk spot selfie terbaik kamu.

Kalau bertemu kuil yang bayar, skip saja. Masih banyak kuil yang gratis. Malah banyak destinasi tersembunyi yang gratis. Misalnya, kantor pusat Bandai di Asakusa Jepang punya spot selfie bareng Doraemon atau Songokou, dan kamu bebas foto di sana. Foto bareng patung Gundam raksasa di Odaiba juga nggak usah bayar kok.

Itu dia tips liburan murah meriah di Jepang. Tentunya masih banyak cara-cara liburan murah lainnya di Jepang, jika kamu rajin mengeksplorasi. Ganbatte kudasai!

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA