Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Feb 2018 13:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Simak! Ini 6 Tips Memotret Kemeriahan Imlek di Kelenteng

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Potret suasana kegiatan di kelenteng (Lamhot Aritonang/detikFoto)
Foto: Potret suasana kegiatan di kelenteng (Lamhot Aritonang/detikFoto)

FOKUS BERITA

Wisata Meriah Imlek
Jakarta - Momen Imlek selalu dinantikan traveler pehobi fotografi. Banyak momen menarik yang bisa dijepret. Tapi sebelum itu, simak 6 tips ini dulu ya!

Kemeriahan Imlek di dalam kelenteng memang selalu menarik untuk diabadikan. Terutama buat kamu yang lagi belajar motret atau yang hobi hunting foto 'Human Interest'.

Tapi sebelum jeprat-jepret, alangkah baiknya kamu perhatikan 6 tips yang dikumpulkan detikTravel, (Sabtu 10/2/2018) berikut ini. Apa saja?

1. Minta izin dulu

Pertama, sudah paling pasti adalah meminta izin terlebih dulu kepada penanggung jawab di kelenteng. Izin ini bisa disampaikan secara tertulis, atau lisan kepada tuan rumah

Apabila sudah dapat izin, tentunya kita bisa lebih enak untuk memotret momen Imlek. Bagaimanapun juga, kita sebagai tamu harus menghormati sang tuan rumah.

2. Jangan pakai flash

Selanjutnya, usahakan tidak menggunakan lampu flash yang terang karena cahayanya bisa mengganggu saudara-saudara kita yang sedang beribadah di dalam kelenteng. Biasanya pencahayaan di dalam kelenteng sudah cukup untuk membuat foto kita menarik, tidak perlu tambahan pencahayaan lagi.

3. Lihat kondisi dan situasi

Perhatikan juga situasi dan kondisi. Biasanya yang berburu foto tak hanya kita saja, melainkan banyak fotografer lainnya. Belum lagi banyaknya pengunjung yang membeludak, harus pintar-pintar membawa diri.

4. Usahakan candid

Bagi pemburu foto 'human interest' sudah pasti harus bisa hunting foto secara candid. Justru yang paling menarik dari Imlek adalah kalau kita bisa menangkap momen-momen yang tidak bisa terulang 2 kali. Pasti ada kepuasan tersendiri bila traveler berhasil mengabadikan momen ini.

5. Hormati hak umat yang ingin beribadah

Tips paling penting yaitu fotografer harus menghormati hak umat Tionghoa yang ingin beribadah. Jangan menghalangi, berikan jalan. Sebaiknya menjaga jarak juga, agar mereka bisa nyaman dalam beribadah. Bagaimanapun juga, kebebasan kita mengambil foto harus tetap memperhatikan hak umat untuk beribadah.

6. Ketahui aturan main yang berlaku di lokasi

Terakhir, pahami juga aturan yang berlaku di dalam kelenteng tersebut. Biasanya ada beberapa bagian kelenteng yang tidak boleh difoto. Kalau sudah seperti aturannya, ya kita patuhi saja. Selamat hunting foto-foto Imlek yang ciamik ya traveler! (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Meriah Imlek
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED