Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Feb 2018 18:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Belanja Puas di Grand Bazaar Istanbul, Ini Tipsnya

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Grand Bazaar di Istabul (Kurnia/detikTravel)
Foto: Grand Bazaar di Istabul (Kurnia/detikTravel)
Istanbul - Bicara soal belanja di Istabul, Turki, tak lepas dari Grand Bazaar yang melegenda. Sebelum belanja puas di sana, simak dulu tipsnya berikut ini.

Kapalicarsi alias Grand Bazaar, berada di kawasan kota tua Istanbul. Pasar yang dibangun pada 1461 itu kini masih berdiri tegak dan menjadi salah satu pasar tradisional tertua dan terbesar di dunia.

Traveler yang berkunjung ke Istanbul, tak jarang menyempatkan mampir buat wisata belanja ke Grand Bazaar. Ada ribuan toko yang menjual suvenir, oleh-oleh makanan khas Turki, perhiasan, hingga karpet.

Sebelum berangkat belanja ke Grand Bazaar, ada sejumlah hal yang penting disimak. Dirangkum detikTravel, Jumat (24/2/2018), berikut ini 6 tips belanja di Grand Bazaar:

1. Cari tahu hari dan jam buka pasar

Pasar yang digemari wisatawan lokal hingga mancanegara ini tidak buka setiap hari. Grand Bazaar tutup setiap hari Minggu, jadi pastikan untuk tidak menjadwalkan ke pasar ini di hari tersebut. Setiap Senin sampai Sabtu, Grand Bazaar buka pukul 08.30-19.00 waktu setempat.

2. Ingat-ingat letak pintu masuk

Dengan luas 40.000 m2, banyak pintu masuk di berbagai sisi Grand Bazaar. Namun dengan area yang begitu luas dan banyaknya pintu keluar masuk, terkadang bisa membuat tersasar jika ingin keluar lewat pintu yang sama ketika masuk ke pasar.

Sebaiknya ingat-ingat kamu masuk di pintu berapa, foto saja tempat masuk tersebut atau tulis nomornya di notes ponsel. Hal ini akan mempermudah traveler menemukan kembali pintu tersebut, kalau mau bertanya arah ke pedagang pun lebih mudah. Apalagi kalau traveler juga janjian di pintu tertentu untuk bertemu dengan rombongan.

Menurut pemandu wisata yang menemani detikTravel ke Grand Bazaar, kebanyakan rombongan turis janjian bertemu di Gate 1 Grand Bazaar yang lebih mudah dicari.

3. Membuat daftar belanja

Agar acara belanja lebih fokus dan tak ada barang tang terlewat, terlebih kalau banyak yang mau dibeli tapi hanya punya waktu sedikit, buatlah daftar belanjaan. Traveler bisa mencari informasi kira-kira barang apa saja yang bisa didapatkan di pasar ini, tulislah kebutuhan di secarik kertas ataupun dalam notes ponsel.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

4. Datang lebih awal

Kalau punya banyak waktu dan ingin belanja lebih puas, datanglah lebih awal ketika toko-toko di pasar baru buka. Suasana pasar juga bisa jadi lebih sepi, jadi traveler dapat lebih leluasa berkeliling. Dengan jadi pengunjung pertama, siapa tahu traveler juga bisa dapat harga spesial lho.

5. Jangan terpaku di satu toko

Beragam toko di sini menjual barang yang hampir sama. Misalnya saja toko suvenir, tak hanya satu, tapi bisa puluhan toko sendiri yang menjualnya. Kalau melihat gelang cantik yang ingin dibeli tapi harganya dirasa masih kemahalan, cobalah kunjungi toko lain yang letaknya lebih di dalam. Kemungkinan besar traveler bisa mendapat harga yang lebih murah.

6. Tawar menawar

Harga barang di toko-toko Grand Bazaar masih bisa ditawar. Tak sedikit barang yang harga awalnya terbilang mahal, tapi sebenarnya masih bisa dijual dengan lebih murah. Misalnya saja harga karpet kecil yang awalnya dijual 400 Turkish Lira (Rp 1,4 juta), setelah tawar menawar rupanya bisa turun sampai 160 Turkish Lira (Rp 577 ribu).

Jangan khawatir kesulitan kalau tak bisa bahasa Turki, pedagang di sini rata-rata lancar berbahasa Inggris. Mereka pun cukup ramah dalam hal tawar menawar, asal jangan menawar dengan harga terlalu rendah ya.

Cobalah menawar sekitar 35% atau 50% dari harga awal. Sebaiknya juga jangan langsung menyebutkan harga yang kamu inginkan sebelum penawaran disebutkan oleh pedagang. Karena kalau sudah menyebut harga tertentu, yang rupanya dirasa masih kemahalan, bakalan sulit untuk menawar lebih rendah lagi dari harga tersebut.

Setelah pedagang menyebutkan harga, coba minta diskon. Kalau diskon dirasa belum pas, barulah sebutkan harga miring yang traveler inginkan. Kalau kamu datang bersama teman, coba saja gabungkan barang-barang yang diinginkan. Belanja banyak biasanya diskonnya juga lebih royal. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED