Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Mei 2018 12:48 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Menonton Kemeriahan Lampion Waisak Saat Ramadan

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Pelepasan lampion Waisak di Candi Borobudur tahun lalu (Kurnia/detikTravel)
Pelepasan lampion Waisak di Candi Borobudur tahun lalu (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Tahun ini Waisak bertepatan dengan Ramadan. Berikut ini sejumlah tips buat traveler yang ingin menonton lampion di Candi Borobudur sambil nyaman berpuasa.

Pelepasan lampion menjadi momen yang biasanya ditunggu-tunggu traveler dalam rangkaian puncak perayaan Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Buat traveler yang berpuasa namun ingin melihat kemeriahan maupun ikut menerbangkan lampion, ada sejumlah tips yang bisa disimak.


Dihimpun detikTravel, Selasa (29/5/2018), ini 5 tips melihat kemeriahan perayaan Waisak di Borobudur:

1. Istirahat yang cukup

Sehari sebelum memulai ke Candi Borobudur di Magelang, istirahatlah yang cukup. Supaya traveler punya lebih banyak tenaga dan lebih fit untuk jalan-jalan.

2. Banyak minum air putih dan vitamin saat sahur

Sebelum seru-seruan traveling ke Magelang dimulai, konsumsi makanan bergizi saat sahur. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh.

3. Pilih penginapan di Magelang

Untuk mempermudah perjalanan ke Candi Borobudur, sebaiknya pilihlah penginapan di Magelang. Banyak pilihan hotel, guest house maupun homestay yang jaraknya tak terlalu jauh dari Candi Borobudur. Tinggal dipilih saja sesuai budget yang ada.

4. Berbuka puasa di dekat Candi Borobudur

Pelepasan lampion tahun ini dimulai pukul 23.00 hingga sekitar pukul 01.00 WIB. Namun tentunya agar lebih santai dan mendapat spot yang bagus, traveler sebaiknya sudah berada di dalam kompleks Candi Borobudur beberapa jam sebelumnya.

Namun tentunya jangan sampai menyulitkan mencari makan untuk berbuka. Traveler bisa membawa persiapan bekal untuk buka puasa. Kalau tak sempat menyiapkan bekal, carilah informasi tempat makan di sekitar Candi Borobudur yang asyik buat berbuka puasa. Misalnya Pondok Selera Kang Amin yang menjual tongseng jamur.

Kalau kamu tidak mau ribet, di depan Candi Borobudur digelar pasar takjil untuk makanan buka puasa. Dari makanan ringan sampai berat ada di sana. Praktis!



5. Cari informasi tempat makan yang buka saat sahur

Nah pelepasan lampion selesai sekitar pukul 01.00 WIB pagi, beberapa jam sebelum sahur yang biasanya dimulai pukul 03.00 WIB. Agar tak sulit mencari tempat makan yang buka saat sahur, sebaiknya carilah informasi sejak awal tiba di Magelang.

Untuk di kawasan Kota Magelang memang cukup banyak tempat makan yang buka. Namun untuk di sekitar Borobudur mungkin pilihannya lebih sedikit. Salah satu tempat makan yang buka ada di kawasan sisi timur Terminal Borobudur. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: 5 Keajaiban Pulau Paskah

Rabu, 15 Agu 2018 12:30 WIB

Pulau Paskah alias Easter Island di Samudera Pasifik memiliki patung batu raksasa yang unik. Pulau terpencil di dunia ini masih punya banyak keajaiban lainnya.

Amazon Mini dari Pacitan

Rabu, 15 Agu 2018 10:30 WIB

Di Pacitan terdapat sungai yang mirip dengan Sungai Amazon namun berukuran mini. Dari sini kamu bisa mengikuti arus menuju pantai nan cantik lho.