Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Okt 2018 17:35 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Cegah Sembelit Saat Traveling

Kurnia Yustiana
detikTravel
dTraveler Gathering di Jakarta Selatan (Kurnia/detikTravel)
d'Traveler Gathering di Jakarta Selatan (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Mengalami sembelit tentunya membuat traveling jadi kurang nyaman. Berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba untuk cegah sembelit.

Tak sedikit dari para traveler merasa tidak nyaman selama travelling gara-gara masalah perut, seperti sembelit. Nah, dalam d'Traveler Gathering yang diselenggarakan detikTravel bersama Dulcolax, diadakan talkshow tentang tips dan trik sehat dalam traveling, supaya perut nyaman, traveling pun aman.

Event tersebut berlangsung hari Sabtu ini (27/10/2018), di Kantorkuu Coworking Space, Agro Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Di acara ini, para pembicara pun berbagi cara untuk mencegah sembelit ketika traveling. Berikut ini aneka tipsnya, yang bisa traveler coba:

1. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat

Traveler yang terlanjur mengalami sembelit bisa diobati dengan konsumsi obat pencahar seperti Dulcolax. Namun buat mencegah mengalami sembelit, saat bepergian traveler sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.

Pisang dan apel misalnya, kaya akan serat yang dapat mencegah sembelit. Selain itu buah-buahan ini terbilang mudah ditemukan dan dibawa ketika traveling ke luar kota.

"Yang harus diperhatikan makanan yang mencegah sembelit, serat. Kalau mau gampang perhitungannya kebutuhan kan 18 gram. Misalnya pisang, itu sudah 2 gram," kata Riana Nirmala W, Sanofi Medical Manager.

2. Minum air putih

Minum air putih yang cukup juga dapat mencegah sembelit. Traveler dianjurkan minum air putih 2 liter sehari, atau sekitar 8 gelas.

3. Kurangi konsumsi kafein

Nyobain ngopi di kafe yang ada di destinasi traveling pastinya asyik. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, karena berpengaruh pula dengan kemungkinan sembelit.

"(Kafein dan alkohol) dia bisa mengurangi gerakan usus. Jadi lebih gampang sembelit," ujarnya.

4. Olahraga

Momen liburan memang asyiknya diisi dengan bersantai. Tapi saat traveling sebaiknya traveler tetap berolahraga minimal 30 menit sehari.

Tak perlu yang berat, jogging di pagi hari atau jalan kaki dari objek wisata satu ke yang lainnya juga bisa dilakukan untuk mencegah sembelit.

"Exercise bagus untuk melancarkan pergerakan usus juga. Jadi disaranin kalau misalnya traveling jangan cuma tidur, leha-leha. Jadi kita encourage juga untuk hiking, jogging atau jalan kaki misalnya ngelihat tempat-tempat. Jangan naik mobil terus," tutur Riana.

5. Mengatur pola BAB

Ketika traveling ke luar kota maupun luar negeri, jadwal BAB bisa jadi berubah tidak seperti rutinitas di rumah. Maka perlu dicoba untuk mengatur jadwal BAB di saat traveling.

"Disiplinkan 30 menit setelah makan, usahain pagi. Coba duduk di toilet biar ada pergerakan ususnya. Dicoba dulu, itu namanya melatih toilet habbit," ucapnya. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA