Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Nov 2018 08:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini Tips Persiapan Traveler Sambut Musim Hujan

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi hujan (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi hujan (Thinkstock)
Jakarta - Musim hujan sudah mulai tiba nih. Kalau traveler dalam waktu dekat ingin jalan-jalan, wajib tahu dulu tipsnya.

Hujan bisa jadi hambatan bagi sebagian traveler yang sudah merencanakan perjalanan. Apalagi, kalau mau berwisata ke tempat alam yang terbuka, pasti bisa jadi masalah yang harus diantisipasi.

Namun, bukan berarti tidak bisa dipersiapkan terlebih dahulu. detikTravel Rabu (7/11/2018) sudah merangkumnya untuk traveler yang ingin bepergian saat musim hujan. Berikut selengkapnya:

1. Selalu pantau kondisi cuaca

Saat ini sudah banyak cara untuk memprediksi dan mengecek kondisi cuaca. Traveler bahkan bisa dengan mudahnya menggunakan aplikasi di smartphone atau internet untuk mengetahui cuaca sebuah wilayah.

Sebelum berangkat, pastikan dulu kondisinya bagaimana. Biasanya, di jam-jam tertentu, aplikasi sudah bisa memeriksa kondisi cuaca dan memprediksi waktu setelahnya. Sehingga, traveler bisa tahu lebih awal.

2. Sedia jas hujan dan payung

Penting! Jas hujan dan payung sangat dibutuhkan saat musim hujan tiba. Pilihlah jas hujan dengan setelan celana, agar mempermudah traveler untuk bergerak bebas.

Jika mau naik kendaraan roda dua, jangan pakai lagi jas hujan ponco. Ini dapat membahayakan traveler baik saat mengemudi maupun jadi penumpang. Jas hujan model setelan kini banyak dijual dan lebih aman.

3. Bawa kantong plastik

Agar barang bawaan lebih praktis dan tidak ikut basah, selalu sediakan banyak kantong plastik bekas untuk membawa barang-barang yang terkena hujan. Gunakan plastik bekas pakai ya traveler, agar lebih ramah lingkungan.

4. Hindari tempat licin dan rawan longsor

Hujan erat kaitannya dengan longsor. Sebaiknya, urungkan dulu niat ke destinasi wisata yang rawan seperti bukit atau medan yang memiliki unsur tanah dan lumpur. Sebaiknya, datangi ketika musim kemarau atau tidak sering hujan.

5. Sedia obat-obatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tapi, kalau sudah keburu traveling jangan lupa untuk selalu sedia obat-obatan darurat ya.

Beberapa aneka obat darurat yang bisa traveler bawa seperti minyak angin, obat flu atau pereda demam. Jangan lupa membawa cairan antiseptik yang bisa digunakan untuk membersihkan luka atau membersihkan barang-barang yang terkena noda saat hujan. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED