Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Jan 2019 14:44 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Menonton Pernikahan Agung Pakualaman Sambil Liburan di Yogya

Syanti Mustika
detikTravel
Puro Pakualaman (Dok Panitia Dhaup Ageng Puro Pakualaman)
Puro Pakualaman (Dok Panitia Dhaup Ageng Puro Pakualaman)
Jakarta - Kamu yang liburan ke Yogyakarta akhir pekan ini, jangan lewatkan pernikahan Putra Mahkota Pakualaman. Supaya liburanmu makin berkesan, perhatikan tips ini ya.

Puro Pakualam akan segera menggelar upacara besar berupa pernikahan agung atau Dhaup Ageng antara BPH Kusumo Bimantoro dan Dokter Maya Lakshita Noorya. Tentu salah satu pernikahan bangsawan Yogyakarta ini menarik perhatian wisatawan.

Nah, bagi traveler yang akan liburan atau sedang berada di Yogyakarta jangan lewatkan momen bersejarah ini ya. detikTravel telah merangkup tips, Jumat (4/1/2019) untuk liburan di Yogyakarta di momen penting ini supaya makin asyik:

1. Ketahui jadwal upacara

Terdapat beberapa rangkaian upacara adat yang mengiringi pernikahan ini. Supaya tidak kehilangan momen, traveler perlu tahu jadwal upacaranya. Acara pernikahan agung ini digelar di kompleks istana Puro Pakualaman, Yogyakarta, dekat dengan Benteng Vredeburg.

Untuk hari ini, Jumat (4/1) akan dilaksanakan siraman putri pada Jumat (4/1) pagi. Tantingan dan midodareni di Puro Pakualaman pada Jumat (4/1) malam. Pada hari Sabtu (5/1) pukul 07.30 WIB ijab, pukul 10.00 WIB panggih, terus pukul 11.00 WIB prosesinya (resepsi pernikahan). Setelah itu pahargyan atau pesta, terakhir pamitan.

Tips Menonton Pernikahan Agung Pakualaman Sambil Liburan di YogyaFoto: Dok. Panitia Dhaup Ageng Puro Pakualaman

2. Spot menonton terbaik

Dalam acara Dhaup Ageng ini tidak ada Kirab Ageng atau pesta rakyat. Tapi warga dan wisatawan masih bisa mengikuti acara ini. Meskipun ada undangan khusus, warga dan wisatawan bisa nontonnya dari tempat umum.

Puro Pakualaman akan menyediakan layar lebar di depan Puro. Warga dan wisatawan diperkenankan menyaksikan langsung prosesi dhaup ageng di layar tersebut.

"Kita waktu pelaksanaannya (dhaup ageng) di depan (Puro Pakualaman) kita pasang layar lebar," kata Ketua Dhaup Ageng, KPH Indrokusumo kepada detikcom, Kamis (3/1) kemarin.

Jadi, datanglah lebih awal pada Sabtu pagi untuk mendapat spot menonton terbaik ya!

3. Kenakan pakaian nyaman dan sopan

Cuaca di Yogyakarta mungkin bisa panas atau mendung. Untuk itu kenakanlah pakaian yang nyaman dan sopan, karena kamu akan cukup lama berada di luar ruangan.

4. Bawa makanan dan camilan

Menonton prosesi Dhaup Ageng enaknya sambil bawa makanan, minuman dan camilan. Acaranya cukup pagi dan mungkin kamu tidak sempat sarapan. Kamu bisa beli makanan sebelum menuju ke lokasi dan makan minum sambil menonton acara.

Eh, jangan lupa! Sampahnya jangan dibuang sembarangan ya...

5. Mampir ke destinasi wisata terdekat

Upacara pernikahan di Pura Pakualam berlangsung dari Sabtu pagi sampai siang hari. Terserah mau menonton semua acara, atau sampai kamu merasa puas. Kalau sudah puas, jangan buru-buru pulang.

Puro Pakualaman dekat dengan beberapa destinasi wisata. Usai menonton Dhaup Ageng, kamu bisa lanjut berwisata ke Pasar Bringharjo, Benteng Vredeburg, Taman Pintar, Keraton Yogyakarta, Gudeg Yu Djum, Jalan Malioboro dan masih banyak lagi.

Traveler dipermudah menikmati beragam destinasi karena Puro Pakualaman berada di pusat Kota Yoygyakarta. Selamat berwisata menonton pernikahaan kerajaan! (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari China

Foto: Gerbang Surga di China

Selasa, 22 Jan 2019 22:50 WIB

Nama Pegunungan Tai mungkin agak janggal di telinga orang Indonesia. Namun pegunungan ini dipercaya jadi gerbang surga untuk berdoa kepada dewa langit.