Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Feb 2019 16:45 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini Tips Menghadapi Kalajengking dan Sengatannya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi kalajengking (iStock)
Ilustrasi kalajengking (iStock)
Jakarta - Sebagian besar traveler pasti panik saat melihat kalajengking. Seperti yang terjadi di pesawat Lion Air JT-293 rute Pekanbaru-Jakarta.

Kalau terkena sengatan kalajengking harus bagaimana?

"Cuci aja pakai sabun. Karena nggak berbahaya. Memang berbisa tapi nggak terlalu berbahaya," kata Seno Arifansyah, Pendiri Komunitas Pecinta Kalajengking Indonesia dalam sambungan telepon dengan detikTravel, Jumat (15/2/2019).

Seno menyarankan agar maskapai selalu lebih teliti dalam mebersihkan kabinnya. Karena, wilayah Sumatra yang jadi rute penerbangan ini adalah habitat dari kalajengking.

"Tips bagi maskapai, biasanya kalau beres-beres lebih detail. Pekanbaru dan wilayah Sumatra itu banyak banget. Bisa pakai senter uv yang berwarna biru itu nanti kelihatan kalajengkingnya lalu diwadahin ke toples," ujar dia.

Lalu, bagaimana cara mengamankannya bila ada di tempat umum?

"Pertama adalah ketenangan. Kalajengking di indonesia nggak mematikan dan itu harus dipikir terlebih dahulu agar bikin kita tenang. Lalu evakuasinya akan lebih gampang. Kalau panik saat megang dan memasukannya ke toples pasti takut dan alat nangkapnya ya wadah yang tertutup saja," urai dia.

Menggiring kalajengking ke wadah cukup mudah, yakni cukup menyenggol dari belakang lalu hewan ini akan jalan ke depan. Hingga saat ini belum ada cara memancing kalajengking agar keluar dari sarang.

"Kalau mancingnya nggak ada. Kita harus cari langsung. Mungkin ada, tapi pakai zat alami di tubuh spesies betina, barang ekstraknya belum ada di Indonesia," ucap Seno.

Bagaimana cara mengetahui kalajengking yang bahaya atau tidak secara mudah?

"Nggak bisa dilihat dari ukuran. Yang gede dan mirip di video di pesawat Lion Air ada juga yang berbahaya. Untuk mudahnya, kalau capitnya gede bisanya rendah dan bila capitnya kecil bisanya sedang," jelas Seno.

"Kalau di Indonesia, bisanya rendah hingga sedang saja dan di tiap pulau ada," imbuh dia mengakhiri percakapan.

Jika traveler ingin mengetahui lebih banyak tentang dunia kalajengking bisa mengikuti akun Instagram seno di senononsen dan kalajengking_id. Sementara ini, binatang di pesawat Lion Air JT-293 Rute Pekanbaru ke Soekarno-Hatta, Tangerang masih menjadi tanda tanya.

Wujudnya terekam dalam video namun belum ditemukan. Penumpang menyebutnya Kalajengking sementara manajemen Lion Air menyebut menyerupai laba-laba. Lion Air tetap mengambil tindakan untuk memastikan upaya keselamatan. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA