Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Feb 2019 21:10 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Tips Jitu Beli Tiket Kereta Api Mudik H-90

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ilustrasi tiket kereta api (Mindra Purnomo/detikTravel)
Ilustrasi tiket kereta api (Mindra Purnomo/detikTravel)
Jakarta - Tiket kereta api untuk mudik Lebaran tahun ini sudah bisa dibeli sejak H-90. Sebelum berburu tiket dini hari nanti, cek dulu nih tipsnya.

Idul Fitri tahun ini rencananya akan jatuh pada 5 Juni 2019. Musim mudik Lebaran dimhlai sejak H-10 yaitu 26 Mei 2019.

Jika ditarik mundur ke H-90, maka Senin 25 Februari 2019 besok adalah awal perburuan tiket kereta api mudik Lebaran. Nah, menjelang waktu berburu tiket, detikTravel, Minggu (24/2/2019) membuat tips jitu berburu tiket kereta api untuk Anda:

1. Rencanakan jauh-jauh hari

Senin dini hari besok adalah penjualan tiket H-10 Lebaran 2019, yaitu keberangkatan tanggal 26 Mei 2019 nanti. H-10 adalah awal musim mudik Lebaran.

Kalau Anda mau pulang H-7, tunggu 3 hari dari sekarang. H-5 adalah hari terakhir bekerja. Nah, mulai H-4 adalah tanggal yang paling diburu, karena hari pertama rangkaian liburan Lebaran yaitu Sabtu, 1 Juni 2019. Tiketnya dijual 7 hari lagi. Ingat-ingat ya! Berburu tiket jauh-jauh hari. Jangan menunggu nanti, pasti kehabisan.

2. Pahami cara membeli tiket kereta api

Ada banyak cara membeli tiket kereta api mudik. Calon penumpang bisa melakukan reservasi atau pemesanan tempat duduk di loket stasiun, vending machine, minimarket, Contact Center 121 atau secara online melalui website dan aplikasi smartphone.

Pemesanan tiket melalui internet cukup dengan membuka situs resmi KAI dengan alamat kai.id untuk waktu keberangkatan H-90 hari hingga 3 jam sebelum keberangkatan kereta.

Kamu bisa cek-cek harga dulu sekarang. Penjualan tiket baru mulai saat lepas tengah malam nanti.

3. Beli online, siapkan gadget dan koneksi lancar

Menuju ke pukul 00.00 WIB, waktu dimulainya perburuan tiket kereta api, pastikan koneksi lancar dan koneksinya siap. Ada ribuan orang yang berburu tiket seperti Anda.

Kalau mau buka laptop dan ponsel, cari tiket secara pararel. Mana yang duluan dapat tiket, itu yang dieksekusi.

Pasti banyak yang mencari di situs resmi KAI. Banyak juga yang akan cari di aplikasi pencatian tiket yang jadi rekanan KAI.


4. Siapkan banyak skenario tanggal dan pilihan kereta

Siapkan banyak skenario pulang ke kampung halaman dalam beberapa tanggal dan pilihan kereta.

Kalau tanggal pertama habis, Anda bisa pulang tanggal berapa lagi? Kejar tiketnya di situ.

Selain itu, ada berapa kereta yang berhenti di kota tujuan Anda? Kalau kereta pilihan pertama habis, segera cari tiket kereta lain yang berhenti juga di kampung halaman.

5. Tetap riang saat begadang

Berburu tiket kereta api mudik akan membuat Anda begadang nanti malam. Enaknya ditemani kopi atau teh kesukaan Anda dan mungkin juga camilan.

Bikin mood yang enak selama berburu tiket. Sharing serunya pengalaman berburu tiket bersama para traveler lain. Gembira bareng, kesel bareng. Tapi kalau dibawa seru, lelahnya jadi tidak terasa.

6. Jangan patah semangat, berburu tiket adalah seni

Dalam percobaan pertama, mungkin Anda tidak langsung berhasil dapat tiket. Mungkin karena koneksi, atau situs penjualannya kelebihan pengunjung.

Jangan patah semangat ya, karena berburu tiket adalah seni. Cek lagi poin 1 sampai 5, apalagi yang bisa diulang dan dicoba sampai berhasil. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA