Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Mar 2019 17:50 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Packing untuk Hindari Kelebihan Bagasi Pesawat

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagasi berbayar memang bikin nambah biaya traveling sih. Tapi bisa jadi, kamu salah taktik packing nih.

Belakangan, beberapa maskapai bujet memberikan kebijakan bagasi berbayar. Namun, bisa jadi kamu tidak benar-benar membutuhkannya jika barang bawaan bisa diminimalisir sebelum traveling.

detikTravel pun telah merangkum sejumlah trik khusus biar barang bawaan tetap bisa dibawa tanpa membeli kuota bagasi. Berikut selengkapnya:

1. Menggunakan plastik zip lock

Memasukkan pakaian ke dalam backpack atau koper umumnya memakan banyak tempat. Biar tidak terlalu penuh, cobalah gulung pakaian dan masukkan ke dalam kantong plastik zip lock.

Traveler pun juga bisa menggunakan ulang plastik tersebut untuk packing selanjutnya atau tempat pakaian kotor. Dengan melipat digulung dan memasukkan ke dalam plastik, ruang lainnya di dalam tas bisa digunakan untuk aneka barang lain.

2. Memasukkan toiletries ke tempat travel size

Botol-botol perlengkapan mandi juga bisa membuat isi tas cepat penuh. Trik mudahnya, masukkan sabun, shampoo, sabun pencuci muka dan aneka peralatan mandi lainnya ke dalam tempat yang lebih kecil.

Jika memang terbiasa dengan toiletries hotel, traveler bisa meminimalisirnya dengan membawa sabun muka, body lotion atau perlengkapan lain. Traveler wanita yang membawa make up juga lebih baik membawa yang dibutuhkan saja untuk traveling singkat.

BACA JUGA: 7 Tips Buat Kamu yang Mau Liburan Mendadak

3. 1 outfit 1 lipatan

Traveling sambil bergaya boleh-boleh saja. Tetapi, traveler mesti tahu dulu bagaimana membawanya agar tidak kelebihan bawaan.

Misalnya, hari pertama ingin memakai 1 baju dan 1 celana. Lipatlah kedua potong pakaian tersebut dalam satu bentuk. Jika butuh baju yang nyaman untuk tidur, sebaiknya bawalah 1 baju dan 1 celana saja selama traveling, agar tidak terlalu membuat tas penuh.

4. Membawa pouch untuk benda elektronik

Saat ini, bepergian tanpa gadget seperti ada yang hilang. Untuk dapat bisa membawa berbagai gawai dengan mudah dan efisien, masukkan charger, earphones atau alat elektronik lainnya ke dalam satu tempat. Selain lebih mudah ketika ingin mencari, traveler juga bisa menyediakan tempat kosong untuk perlengkapan lain.

5. Membawa tas cadangan

Belanja oleh-oleh memang kadang tidak sulit diprediksi, bisa saja hasrat memborong datang tiba-tiba.

Namun, jangan sampai kalap belanja ya. Traveler bisa membawa tas cadangan atau spare bag berbentuk tote bag. Hal ini, selain lebih mudah dilipat dan dibawa kembali, juga bisa menampung oleh-oleh atau barang bawaan lain yang bisa dijinjing.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED