Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Mei 2019 09:20 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Coba Night Dive, Ini Hal yang Harus Dihindari

Bona
detikTravel
Night dive di Pulau Rubiah Sabang (Bonauli/detikTravel)
Night dive di Pulau Rubiah Sabang (Bonauli/detikTravel)
Jakarta - Penyelaman malam hari menjadi hal yang menantang untuk dicoba. Untuk yang mau coba night dive, ini beberapa hal yang harus kamu hindari.

Menyelam siang hari? itu sudah biasa. Bagi traveler yang haus tantangan cobalah untuk menyelam malam hari atau night dive.

Night dive bukan hanya memberikan sensasi yang berbeda, tapi juga resiko yang lebih tinggi. Dikutip detikcom dari Buku Advanced Open Water Diver Manual, Selasa (7/4/2019) inilah beberapa travel tips berupa hal yang harus traveler hindari untuk meminimalisir kecelakaan.

1. Gelombang

Hal pertama yang dihindari saat night dive adalah gelombang atau ombak. Traveler haruslah menyelam di spot yang berombak tenang.

Karena gelombang yang sedang kadang kala bisa menjadi gelombang tinggi. Hal ini sangat sulit diprediksi karena keadaan yang gelap. Bisa-bisa kamu terbawa ombak dan mengalami kecelakaan.

2. Arus

Selain gelombang atau ombak, arus juga menjadi penentu spot penyelaman malam hari. Spot yang ingin dijelajahi haruslah berarus tenang.

Pelajarilah arus di spot tersebut sebelum night dive. Karena sedikit arus saja, bisa membuat traveler terlempar. Akan lebih baik kalau traveler lebih dahulu mempelajari drift diving atau menyelam di area berarus.

3. Kejernihan air

Mau Coba Night Dive, Ini Hal yang Harus DihindariFoto: (Bonauli/detikTravel)

Saat night dive, alat bantu untuk melihat hanyalah senter. Sehingga pastikan spot penyelaman memiliki visibility atau kejernihan air yang bagus.

Karena visibility yang buruk bisa mengacaukan navigasi. Bahkan membuat kamu tidak bisa menikmati keindahan bawah laut dengan maksimal.

4. Berhati-hati

Menyelam dalam keadaan gelap tidaklah mudah. Daya pandang traveler akan sangat terbatas, tergantung dari lampu senter.

Tetaplah tenanng di dalam air. Karena resiko untuk tersangkut jaring ikan atau tali akan lebih besar. Jadi cobalah untuk tetap awas dengan keadaan sekitar ya..

5. Spot terselubung

Hal terakhir adalah mencari spot aman. Spot aman yang dimaksud adalah tempat penyelaman yang memiliki akses langsung menuju permukaan laut.

Hindarilah spot penyelaman di dalam gua atau wreck. Karena spot-spot ini akan terlihat sama saat malam. Penyelam akan dengan mudah tersesat di spot gua atau wreck.

Bahkan penyelam bersertifikat ahli gua atau wreck saja dilarang untuk melakukan night dive di tempat tersebut. Karena sekali lagi, keselamatan jadi hal utama saat diving.

Kamu yang mau coba night dive, pastikan untuk memilki sertifikat ya! (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.