Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Mei 2019 10:45 WIB

TRAVEL-TIPS

Traveling Saat Puasa? Simak Dulu Tipsnya

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Istock
Foto: Istock
Jakarta - Puasa bukan jadi alasan untuk kamu berdiam diri saja di rumah. Jika ingin traveling saat puasa, simak dulu tips ini ya.

Traveling saat puasa. mungkin kamu akan berpikir dua kali. Bisa jadi karena takut haus, capek dan lemas karena menahan lapar. Namun, itu bukanlah halangan untuk bertualang jika kamu tahu tipsnya.

Berikut tips yang dirangkum detikcom, Kamis (16/5/2019) yang bisa kamu perhatikan jika traveling saat puasa.

1. Jangan lewatkan sahur

Saat traveling, jangan pernah lewatkan sahur karena inilah sumber energi kamu beraktivitas seharian. Oke jika kamu biasa melewatkan sahur karena seharian di rumah saja. Namun saat traveling jangan ya, karena bisa menyebabkan tubuh kamu lemas dan tidak akan ada energi untuk beraktivitas. Kasihan kan liburannya?

2. Rencanakan destinasi

Mungkin kamu bisa memilih destinasi yang ingin kamu tuju. Bisa jadi tempat-tempat yang teduh atau dekat-dekat saja. Saat siangnya kamu bisa pergi ke museum, taman atau galeri seni. Dan jika telah berbuka, silahkan mengeksplore destinasi malam seperti pasar, taman rekreasi ataupun hiking menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

3. Jangan lakukan kegiatan ekstrim

Hindari melakukan kegiatan yang menguras tenaga atau butuh kekuatan fisik seperti naik gunung atau trekking. Ini hanya akan membuat kamu cepat lelah dan banyak kekurangan cairan. Bisa-bisa kamu mengalami dehidrasi hebat. Jangan deh!

Dan juga perhatikan mode transportasi yang kamu gunakan saat traveling. Gunakanlah transportasi yang nyaman yang tidak terlalu menguras tenaga. Kurangilah kegiatan jalan kaki yang lebih dari 30 menit menuju destinasi ya. Buat hemat-hemat tenaga.

BACA JUGA: Traveling ke Luar Negeri Saat Puasa, Simak Dulu Tipsnya

4. Jangan terlalu banyak memilih destinasi

Saat puasa ini, jangan terlalu banyak memilih destinasi wisata supaya kamu tidak terlalu kelelahan. Pilihlah beberapa dan sesuai dengan waktu kunjungan. Jadi kamu bisa hemat tenaga dan istirahat sejenak di sela-sela waktu kunjungan.

5. Pilih destinasi ramah Muslim

Saat puasa, kamu mungkin bisa berkunjung ke tempat yang ramah Muslim. Biasanya di kawasan ini ada tempat ibadah dan gampang menemukan makanan dan minuman untuk berbuka.

Dan juga jangan sampai kamu melewatkan ibadah salat ya. Biar puasa kamu makin berkah dan pahalanya tetap utuh.

6. Berbuka dengan makanan yang 'benar'

Jika waktu berbuka telah datang, bukan berarti kamu bebas makan apa saja. Pilihlah makanan yang sehat dan hindarilah yang berminyak dan makanan pedas. Ini demi kelancaran pencernaan kamu dan untuk keberlangsungan kegiatan esok harinya.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan jika ingin traveling saar Ramadan. Selamat berpuasa ya! (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA