Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Mei 2019 13:24 WIB

TRAVEL-TIPS

8 Tips Mudik Lebaran untuk Anak Kos

Syanti Mustika
detikTravel
(Isal Mawardi/detikcom)
(Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Lebaran tinggal 10 hari lagi. Kamu yang anak kos, mungkin bisa pulang duluan. Perhatikan hal-hal berikut sebelum pulang kampung ya.

Lebaran menjadi momen penting bagi anak kos yang merantau. Rindu kampung halaman tentu telah mendesak hati ingin segera pulang.

Namun sebelum pulang, detikcom telah merangkum beberapa hal yang perlu nih anak kos perhatian sebelum mudik, Minggu (26/5/2019). Apa saja ya?

1. Amankan tiket

Permasalahan tiket mahal selalu jadi polemik setiap tahunnya. Mulai dari tiket mahal dan tiket habis telah menjadi dejavu setiap tahunnya. Nah kamu anak kos, biasanya sudah mengamankan tiket mudik jauh-jauh hari nih.

Pastikan lagi tiket dan tanda reservasinya terjaga baik-baik. Selalu bikin back up, jangan sampai besok tinggal pulang, tiketnya terselip entah dimana.

2. Jaga selalu kesehatan

Penting nih jaga kesehatan tubuh sebelum mudik. Supaya saat mudik kamu fit dan menikmati momen saat di kampung halaman. Jangan terlalu memforsir tenaga selama Ramadhan biar daya tahan kamu tidak drop menjelang Lebaran. Istirahat yang cukup semalam sebelum kamu pulang mudik besoknya.

3. Pastikan kosan aman

Coba cek lagi keamanan pintu kamar kos kamu. Aman nggak ditinggal? Periksa lagi kekuatannya, jika sudah kendor kuncinya, ganti yang baru saja. Sebelum pergi, pastikan kamar dan kosan kamu terkunci ya. Jaga-jaga!

4. Selalu waspada selama mudik

Tetaplah waspada selama perjalanan mudik nanti. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi mobil atau motor layak untuk dibawa jalan jauh. Fokuslah selama perjalanan, istirahatlah saat lelah.

5. Jangan tinggalkan barang berharga begitu saja

Aturlah barang-barang berharga kamu yang rasanya tidak efektif dibawa mudik. Sembunyikan atau titip pada sanak saudara atau teman kos yang tidak mudik.

6. Bawalah barang seperlunya

Jika ingin bawa baju, bawalah seperlunya, begitu juga dengan oleh-oleh. Jangan nanti kamu membawa terlalu banyak barang dan menyusahkan kamu sleama perjalanan.

7. Matikan barang elektronik di kamar kos

Jangan tinggalkan kamar dalam kondisi barang elektronik seperti dispenser atau magic com menyala. Matikan saja, begitu juga cabut semua aliran listrik. Supaya nanti tidak terjadi arus pendek atau kosleting yang menyebabkan kebakaran.

8. Laporlah pada pemilik kos

Jika kamu tinggal atau berdekatan dengan pemilik kos, laporlah sebelum mudik. Supaya dia bisa mewanti siapa saja yang tinggal di dalam kos atau takutnya nanti ada orang asing masuk yang mengaku sebagai teman kamu. Jadi pemilik kos juga bisa berjaga-jaga.

Nah, itu beberapa point yang bisa kamu catat sebelum mudik ya anak kos. Selamat mudik! (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA