Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 07:20 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Tidur Enak di Pesawat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Tidur di pesawat (Dikhy Sasra)
Tidur di pesawat (Dikhy Sasra)
Jakarta - Apakah Anda salah satu orang yang jarang bisa tidur di pesawat meski pakai penutup mata? Cobalah 5 tips tidur di pesawat ini.

Seperti dilansir CNN, Senin (8/7/2019), ada tips-tips untuk tidur di pesawat. Lima cara ini patut dicoba.

1. Hindari tidur dengan obat-obatan

Kata psikolog klinis dan spesialis tidur Michael Breus, Anda sebaiknya menghindari minum obat tidur ketika pertama kali terbang. Karena, Anda tidak tahu bagaimana tubuh bereaksi terhadapnya dalam penerbangan.

2. Cobalah melatonin sebagai gantinya

Kata pakar Mayo Clinic, Dr Lois Krahn, melatonin jadi pilihannya untuk penerbangan semalaman. Breus yang juga merekomendasikan melatonin dan mengatakan waktunya tergantung pada jenis yang dipilih.

Krahn merekomendasikan tiga miligram melatonin, dan menyarankan untuk tetap menggunakan efek singkat untuk menghindari perasaan pusing jika bangun terlalu cepat.

"Jadi, bagi seseorang yang terbang sore atau siang hari, itu mungkin tidak cocok dengan pola sirkadian mereka," kata Krahn.

3. Jangan minum alkohol

Alkohol mengganggu tidur, kata Breus, yang telah menulis beberapa buku tentang tidur yang lebih baik dan menulis blog tentang topik tersebut. Dehidrasi akan mengganggu ritme tidur, katanya, sehingga membuat Anda tidur tak nyenyak hingga mudah terbangun oleh suara bising atau gangguan lainnya.

4. Persiapkan peralatan tidur

Breus mengatakan bahwa ia menyimpan perlengkapan tidur yang lengkap saat akan tidur. Masker mata akan sangat penting untuk menghalangi sinar. Sumbat telinga, bantal perjalanan, selimut ringan atau sweater (untuk maskapai yang tidak menyediakan selimut) hingga musik yang santai dan air agar tetap terhidrasi.

5. Rencanakan tidur dengan baik

Sebanyak mungkin, cobalah untuk merencanakan tidur di sela waktu penerbangan Anda, kata Dr Rajkumar Dasgupta, asisten profesor di Keck School of Medicine di University of Southern California.

Daripada minum kafein di pagi hari sebelum bekerja, keluarlah cari sinar matahari dan berolahraga pagi akan menjadi obat terbaik.



Simak Video "Waduh! Puing Pesawat Jatuh Kenai Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED