Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Agu 2019 10:35 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Liburan Seru ke Museum di Akhir Pekan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: Museum Nasional (Ratna Pertiwi/dTraveler)
Foto: Museum Nasional (Ratna Pertiwi/d'Traveler)
Jakarta - Siapa bilang liburan ke museum nggak bisa seru? Melihat barang-barang antik, kita bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.

Wisata sejarah akan menambah wawasan kita tentang peristiwa penting di masa lampau. Tapi ingat traveler, kebanyakan museum juga mempunyai larangan tertentu untuk pengunjung yang datang. Jadi harus hati-hati.

Selain wisata sejarah, banyak juga museum yang memperlihatkan karya seni yang memanjakan mata. Untuk bisa liburan seru ke museum, dilansir dari beberapa sumber Minggu (25/8/2019), berikut detikcom merangkum 5 tips seru ke museum:

1. Jangan Pegang Koleksi Museum

Beberapa museum melarang pengunjung untuk menyentuh koleksi museum nih traveler, khawatir rusak atau karya seninya akan berubah. Seperti museum macan yang mempunyai larangan menyentuh karya seni di sana. Agar tetap terawat dan dapat dinikmati generasi selanjutnya, maka pengunjung harus ikut serta menjaga barang yang di museum.

Agar liburanmu ke museum menyenangkan tanpa harus ditegur oleh petugas yang berjaga, maka kita patuhi peraturannya. Dengan ini, kita juga secara tidak langsung ikut melestarikan barang-barang yang ada di museum. Jika koleksi museum rusak maka pengunjung juga yang akan bertanggung jawab, untuk menghindari semua hal yang tidak menyenangkan itu, maka jangan pegang koleksi museum ya traveler.

2. Jangan Makan dan Minum

Banyak dari pengunjung yang berpikir bahwa akan menyenangkan dalam melihat barang-barang museum sambil menikmati cemilan dan minuman. Namun, untuk menjaga kebersihan, traveler sebaiknya tidak membawa makanan dan minuman ke dalam museum. Kita sebagai pengunjung juga ingin nyaman bukan? Jadi mulailah dari diri kita sendiri.

Selain menjaga kebersihan, khawatir juga akan minuman yang akan membasahi atau merusak koleksi atau karya seni museum. Kejadian tidak menyenangkan pernah dialami seroang bocah di Taipei, ia sedang memegang minuman, dengan tidak sengaja bocah ini kehilangan keseimbangan dan merusak karya seni dalam museum seharga $34.000. Dia beruntung, karena barang museum itu diasuransikan, jadi keluarganya tidak harus mengganti kerusakan.

Tentu traveler tidak ingin hal ini terjadi. Jika Anda ingin makan atau minum, maka keluarlah dari museum dan makan di restoran akan lebih nyaman. Pastikan tangan Anda tidak memegang makanan atau minuman.

3. Patuhi Aturan Foto

Beberapa museum juga melarang penggunjung untuk memotret koleksi museum atau koleksi barang permanen tertentu. Ada yang tidak boleh foto sama sekali atau melarang foto menggunakan flash.

Walaupun tidak ada ilmu yang membuktikan bahwa barang museum akan berubah karena terkena cahaya flash, tapi patuhilah peraturannya.

Petugas mungkin akan menegur traveler jika memotret koleksi museum, Jadi sebelum memotret, perhatikan dulu adakah larangan foto atau tidak. Jika foto dibolehkan, maka ambilah foto dengan pencahayaan yang cukup. Jangan sampai pengunjung lain terganggu akibat cahaya dari kamera kita.

4. Ketahui Koleksi Terkeren Museum

Sebelum berkunjung ke museum, cari tahu dulu apa yang menarik di sana agar perjalanan traveler lebih berkesan. Biasanya, museum yang memiliki barang antik dan unik akan viral di media sosial, jadi temukan apa yang menarik agar traveler bisa menemukan hal yang tidak biasa.

Jika datang bersama anak-anak, ajaklah ke museum akan anak-anak sukai, seperti museum serangga, air tawar atau lain sebagainya. Di sana anak-anak bisa melihat berbagai macam hal yang tidak mereka temukan di kehidupan sehari hari.

Jangan datang sendiri, ajak juga teman-teman agar melihat koleksi keren di museum akan lebih seru. Bisa saling share dan bertukar pendapat bisa menambah wawasan kita.

5. Sharing di Media Sosial

Agar banyak juga yang tahu keseruan ke Museum, abadikan momen traveler dan bagikan ke media sosial. Dengan foto bersama teman-teman, wisata ke museum juga akan terasa lebih asyik.

Beberapa museum juga punya spot Instagramable yang menjadi tujuan para traveler berkunjung. Dengan share ke media sosial, orang-orang yang melihat keseruan di media sosial akan ingin juga datang ke sana..

Jadi, liburan menyenangkan tidak akan hanya didapatkan di objek wisata yang hanya mendatangkan keseruan. Tapi wisata ke museum bisa membuat pengunjung memperkaya pengetahuan dengan cara yang seru. Yuk kita ramaikan museum.

Simak Video "Museum Narsis Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA