Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 09:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips agar Kulit Tak Gosong Usai Main di Pantai dan Gunung

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Wisatawan di Pantai Pink, Pulau Padar, NTT (Linda Agustina/Istimewa)
Wisatawan di Pantai Pink, Pulau Padar, NTT (Linda Agustina/Istimewa)
Jakarta - Sehabis dari pantai atau gunung, ada saja wisatawan yang kulitnya terbakar bahkan sampai gosong. Nah, ini ada tips dan trik dari d'Traveler untuk menghindari hal tersebut.

Sebelumnya, ia liburan selama empat hari di Labuan Bajo, Manggarai Barat dan selalu terpapar matahari di pantainya. Setelah balik ke Jakarta ia tak terlihat gosong sama sekali. Apa rahasianya?

"Aku selalu pakai aloevera dan sunblock di pagi hari setelah mandi. Kalau untuk cewek pakai makeup dan foundation mengandung SPF (sun protector factor)," jelas Linda Agustina (30).

Untuk diketahui, Linda kini bekerja di perusahaan swasta yang membidangi pemetaan atau mapping. Ia juga punya hobi naik gunung, traveling, dan diving. "Pernah suatu hari aku ikut lomba makeup dan jadi tahu tentang makeup juga skincare. Lalu ada side job MUA (makeup artist)," terang dia.



Mari kembali ke tips agar kulit tak gosong saat main di pantai dalam waktu yang lama di siang hari. Kata Linda, setiap kali pindah spot atau pantai ia memakai lagi sunblock-nya dan untuk perjalanan di Labuan Bajo beberapa waktu lalu ia rata-rata memakai tiga kali.

"Selesai beraktivitas dan setiap habis mandi dibalurin aloevera di sekujur tubuh. Gunanya aloevera mendinginkan kulit yang terpapar panas matahari," jelas dia.

"Itu juga menghindari kadang-kadang kita perih kalau kena sinar matahari," imbuh Linda.

Lalu, ada tambahan perawatan bagi para perempuan. Kata Linda, setelah aktivitas liburan itu usai harus diiringi dengan memakai masker atau facial.

"Itu yang paling gampang dilakukan di rumah. Gunanya itu untuk mengangkat kulit mati," ujar dia.

Lalu apa bedanya penggunaan sunblock di pantai dan gunung? Linda mengatakan bahwa jika ia di gunung tak pernah memakai make up karena sulit untuk dibersihkan.

"Bedanya kalau di gunung jarang mandi dan mesti dilihat pula ada gunung tertutup hutan dan terbuka. Kalau tertutup ya aman. Biasanya cuma pakai sunblock dan topi tanpa makeup," jelas dia.

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan lip balm. Lalu yang terakhir minum air putih. "Kalau untuk cewek biasanya sudah ada di lipstiknya. Lalu minum air yang banyak biar badan segar dan nggak pecah-pecah di bibir," pungkas dia.




Simak Video "Mesti Tahu Hal-hal Ini Jika Ingin Backpacking ke Pulau Pari "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA