Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Okt 2019 09:45 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Studi ke Luar Negeri

elk
detikTravel
Singapore University of Social Sciences (Situs SUSS)
Singapore University of Social Sciences (Situs SUSS)
Jakarta - Buat detikers yang berniat studi di luar negeri, baiknya juga memperluas wawasan tentang negara tujuan. Termasuk apa saja yang dibutuhkan di negara tersebut.

Dilansir dari beberapa sumber, pindah ke luar negeri bukanlah hal yang mudah. Tinggal di negara dengan suasana dan budaya baru perlu persiapan mental dan wawasan. Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan.

1. Biaya Hidup

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah berapa kisaran biaya yang mesti dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai kamu tak tahu biaya hidup di negara itu.

Sebagai pelajar yang niatnya studi di negeri orang, ada baiknya pula kamu pandai-pandai menghemat, mengelola uang dengan baik, dan jeli dalam pengeluaran. Soalnya di sana kamu akan hidup mandiri.

Banyak juga mahasiswa yang mencari pekerjaan part time untuk menambah uang jajan. Jika tersedia, kamu bisa menjalani pekerjaan sambilan itu di sela-sela waktu studi. Apalagi jika biaya hidup di negara itu memang terbilang tinggi.

2. Iklim

Sebelum berangkat, ketahui dulu iklim di negara tujuan secara khusus cuaca terburuk apa yang akan dihadapi. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Jaga kesehatan dan persiapkan obat-obatan yang mungkin kamu butuhkan saat menghadapi cuaca buruk. Lebih baiknya lagi, kamu lakukan medical check up sebelum berangkat.

3. Bahasa

Setelah mengetahui negara mana yang akan kamu tuju, pelajarilah bahasa yang lazim digunakan. Tentunya termasuk bahasa sehari-hari yang akan kamu pergunakan di sana.

Penguasaan bahasa sangat penting dan harus diperhatikan, apalagi di suatu negara yang tidak berbahasa Inggris dan memerlukan waktu untuk belajar bahasa dari awal.

4. Tempat tinggal

Tempat yang aman dan nyaman tentu ideal buat ditinggali. Jika kamu muslim, seberapa mudah mendapat makanan halal bisa jadi salah satu pertimbangan?

Selain itu, teliti pula apakah lingkungan itu termasuk ke wilayah "mahal". Jelas lebih oke jika di sekeliling tempat tinggal itu ada tempat belanja kebutuhan sehari-hari dengan harga murah.

5. Persiapan mental

Jauh dari orang tua dan kerabat mungkin akan menjadi hal yang berat dilakukan pada masa-masa awal. Kamu harus persiapkan mental sedari awal. Ingat bahwa tujuan kamu berada di sana adalah untuk menuntut ilmu.

Selain itu kamu harus terbiasa melakukan semuanya sendiri. Menghadapi kebiasaan baru yang mungkin belum pernah kamu lakukan. Ketahui dulu kebiasaan atau budaya apa yang ada di negara tujuan kamu, juga peraturan atau larangan setempat sehingga tidak melakukan kesalahan.




Simak Video "Ada 'Penyusup' dalam Aksi Mahasiswa di DPR? Ini Kata Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA