Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Nov 2019 17:15 WIB

TRAVEL-TIPS

9 Tips untuk Backpacker Indonesia yang Ingin Liburan ke Luar Negeri

Virgina Maulita Putri
detikTravel
9 Tips untuk Backpacker Indonesia yang Ingin Liburan ke Luar Negeri Foto: Ari Saputra
9 Tips untuk Backpacker Indonesia yang Ingin Liburan ke Luar Negeri Foto: Ari Saputra
Jakarta - Liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya pasti sedikit menegangkan. Apalagi jika kalian pergi sebagai backpacker untuk solo traveling ke negara dengan bahasa dan budaya yang asing.

Nasihat yang biasa diberikan oleh teman dan keluarga pasti terbilang standar, misalnya selalu jaga diri dan jangan ke tempat yang mencurigakan. Tapi belum tentu mereka memberikan tips bagaimana menjadi backpacker yang lincah dan jago menghemat saat liburan di luar negeri.



Berikut sembilan tips untuk backpacker Indonesia agar liburan kalian di luar negeri tetap aman dan seru yang dirangkum detikTravel:

1. Catat Destinasi yang Ingin Dikunjungi

Apakah kalian tipe traveler yang suka membuat rencana liburan yang rinci atau justru lebih spontan, tidak ada salahnya membuat daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi di negara tujuan.

Buat daftar destinasi wisata atau aktivitas seru yang sesuai dengan keinginan kalian. Dengan begitu, kalian bisa menikmati semua destinasi seru di negara tersebut tanpa penyesalan.

2. Pelajari Budaya Negara yang Dikunjungi

Sebelum liburan ke luar negeri, sebaiknya pelajari budaya dan tata krama di negara tujuan agar tidak menyinggung tuan rumah. Misalnya seperti budaya memberikan tip di Amerika Serikat atau aturan dilarang merokok dan membuang sampah sembarangan di publik di Singapura.

3. Minta Rekomendasi dari Penduduk Lokal

Jika kalian bingung mencari ide aktivitas apa yang bisa dilakukan, mencari tempat makan yang enak atau sekedar mencari wisata yang non-mainstream, langkah terbaik adalah dengan meminta rekomendasi dari penduduk lokal.

Penduduk lokal pasti akan dengan senang hati membantu kalian dan menunjukkan destinasi wisata tersembunyi yang mungkin tidak banyak diketahui oleh turis internasional lainnya.

4. Perhatikan Cuaca Sebelum Berangkat

Mengetahui cuaca di negara tujuan sangat penting karena bisa membantu kalian untuk packing dan kegiatan apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan di negara tujuan. Kalian tentu tidak ingin memakai baju tebal ketika suhu udara mencapai 35 derajat Celcius kan?

5. Bawa Pakaian Seadanya

Ketika traveling, terutama sebagai backpacker, semua tempat di dalam tas kalian sangat berharga, terutama untuk membawa oleh-oleh. Untuk itu, bawalah pakaian seadanya yang cocok untuk dipakai kapan saja.

Tas kalian memiliki tempat yang terbatas jadi sebisa mungkin bawa pakaian yang bisa dipakai berkali-kali. Jangan lupa kemas pakaian kalian dengan cara digulung untuk menghemat tempat dan terlihat tidak kusut.



6. Siapkan Budget Jalan-jalan

Jalan-jalan, makan-makan dan belanja oleh-oleh saat liburan tentu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Rencanakan biaya liburan kalian secara kasar, tapi jangan terlalu ketat untuk menghemat uang karena kalian tentu ingin menikmati liburan tanpa memikirkan uang.

7. Manfaatkan WiFi Gratis

Saat ini backpacker Indonesia yang liburan ke luar negeri memilih untuk membeli kartu SIM lokal atau menyewa modem WiFi agar tetap bisa terhubung dengan internet.

Tapi kalian bisa menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan WiFi gratis di tempat umum. Kafe, tempat makan siap saji dan destinasi wisata tertentu pasti memiliki WiFi gratis yang bisa kalian manfaatkan.

Saat mendapatkan WiFi gratis, jangan lupa untuk mengunduh peta offline kota tujuan liburan kalian di Google Maps. Dengan peta offline ini, kalian tetap bisa menjelajahi kota tanpa internet dan tidak perlu takut nyasar.

8. Siapkan Obat-obatan Pribadi

Jatuh sakit saat liburan tentu sangat tidak enak. Daripada kesusahan mencari obat-obatan di negara tujuan, lebih baik kalian membawa obat-obatan pribadi di dalam tas. Bahkan jika ujung-ujungnya tidak kalian gunakan, lebih baik antisipasi daripada kebingungan di apotek yang asing.

9. Jangan Terlihat Seperti Turis

Traveler, terutama backpacker wanita, merupakan target yang mudah bagi orang yang berniat jahat, terutama pencuri. Orang-orang ini bisa mengenali turis dari jarak jauh, jadi sebisa mungkin membaurlah dengan penduduk lokal.

Artinya, gunakan aplikasi peta di ponsel dan jangan gunakan peta yang besar. Tas pinggang sebisa mungkin jangan terlihat dan lebih baik disembunyikan di bawah baju. Selain itu, hindari menggunakan backpack berukuran besar hanya untuk mengelilingi kota selama beberapa jam.

Simak Video "Asik! Aturan Tax Refund Segera Berlaku Untuk Turis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA