Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Des 2019 16:16 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Liburan Akhir Tahun agar Aman dari Ancaman Dedemit Maya

Kris Fathoni W
detikTravel
Ilustrasi jalan-jalan liburan akhir tahun. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Buat traveler yang sudah berencana jalan-jalan di liburan Natal dan Tahun Baru, berikut tips agar tetap aman dari ancaman dedemit maya alias penjahat siber.

Dalam rilisnya kepada detikcom, Kaspersky selaku perusahaan keamanan siber global mencatat bahwa masa liburan akhir tahun salah satunya marak diisi dengan aktivitas belanja online. Seiring dengan hal tersebut, musim liburan Natal dan Tahun Baru turut menjadi momen tersendiri bagi para pelaku kejahatan siber untuk melakukan aksi kejahatannya.


Selain belanja online, musim liburan akhir tahun seperti saat ini tentunya juga menjadi momen bagi para pekerja kantoran untuk rehat sejenak dari rutinitas. Dengan kata lain, waktunya liburan di lokasi yang jauh dari pusat kota atau ke tempat wisata.

Nah, terkait itu, Kaspersky menyebut ada kemungkinan para pekerja ini masih berkeinginan untuk tetap melakukan pekerjaan secara remote agar menghindari email kantor yang menumpuk. Untuk itu, ada di antaranya yang mengandalkan Wi-Fi publik.

Tips Liburan Akhir Tahun agar Aman dari Tangan Jahil Dedemit MayaIlustrasi bandara, salah satu tempat yang lazim memiliki wi-fi publik buat traveler. (Foto: iStock)

Ditegaskan Kaspersky, "hal ini memang sangat nyaman sekaligus memiliki risiko yang lebih besar. Seperti menyerahkan rahasia jual-beli ke tangan yang salah dapat menyebabkan kerugian besar, begitu pula informasi tentang potensi merger dan akuisisi, rencana bisnis, laporan keuangan, dan data perusahaan lainnya dapat dijual kepada pesaing dengan konsekuensi besar bagi perusahaan Anda."

Untuk itu, Yeo Siang Tiong, General Manager for Southeast Asia di Kaspersky, membeberkan sejumlah tips agar tetap aman saat liburan akhir tahun dari perspektif potensi ancaman kejahatan siber.


• Jagalah privasi online Anda dengan serius. Hanya bagikan atau izinkan akses ke informasi Anda dengan pihak ketiga jika benar-benar diperlukan, untuk meminimalkan informasi yang jatuh ke tangan yang salah.

• Selalu waspada akan e-mail yang mencurigakan. Jika terlihat sangat mencurigakan, selalu lakukan pemeriksaan, pemeriksaan kedua, dan pemeriksaan ulang. Jika e-mail dianggap berasal dari bank Anda, segera hubungi bank yang bersangkutan untuk memverifikasi. Secara historis, bank tidak akan pernah meminta detail Anda seperti kata sandi. Bank biasanya akan meminta pembaruan detail pribadi secara langsung dengan mengisi formulir di cabang mereka.

• Solusi gabungan dari produk keamanan dan langkah-langkah praktis dapat meminimalkan ancaman dan menjaga data online Anda tetap aman.

Tips Liburan Akhir Tahun agar Aman dari Tangan Jahil Dedemit MayaSaat liburan akhir tahun, hati-hati menjaga data-data pribadi. (Foto: Thinkstock)


Selain itu, berikut ini saran dari Kaspersky untuk sektor enterprise:

• Mendorong karyawan untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah sederhana dalam melindungi data pribadi. Tekankan pentingnya enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan kata sandi yang kuat, serta diskusikan apa yang perlu dilakukan jika suatu saat perangkat dicuri.

• Mengedukasi karyawan tentang bahaya menggunakan Wi-Fi publik dan cara membuatnya lebih aman (misalnya, dengan menggunakan VPN)

• Lindungi sistem Anda selama musim liburan dengan kombinasi solusi dan layanan yang mencakup empat tahap serangan yang terdiri dari memprediksi, mencegah, mendeteksi, dan memberikan respons.




Simak Video "Musim Liburan Tiba, Antrean Dufan Membeludak"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA