Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Des 2019 08:40 WIB

TRAVEL-TIPS

FBI Kasih Tips Liburan Akhir Tahun, Apa Saja?

Kris Fathoni W
detikTravel
Tips liburan akhir tahun dari FBI. (Foto: iStock)
Jakarta - Di masa liburan akhir tahun seperti sekarang, traveler tetap harus waspada. Nah, Federal Bureau of Investigation (FBI) di Amerika sana pun punya sejumlah tips liburan.

Saran itu diberikan oleh FBI Oregon lewat laman teknologinya. Karena ulasannya memang soal teknologi, konteks tips liburan yang diberikannya pun berkisar seputar potensi ancaman cybersecurity saat liburan.

"Hari ini: membangun sebuah pertahanan digital pada saat Anda jalan-jalan melintasi alam untuk menuju rumah nenek buat berlibur," tulisnya.


Berikut tips liburan akhir tahun dari FBI:

- Ketika sedang tak berada di rumah, jangan biarkan ponsel, komputer, tablet, atau perangkat lain terkoneksi otomatis ke sebuah jaringan nirkabel gratis. Ini mengundang sosok jahat untuk mengakses perangkat. Mereka bisa menyusupkan malware, mencuri password dan PIN, atau bahkan masuk ke kontak dan kamera dalam perangkatmu dari jarak jauh.

- Jika memang harus terkoneksi ke hotspot publik, seperti yang ada di bandara atau hotel, pastikan nama jaringannya dan prosedur login terperinci. Tujuannya adalah untuk terhindar dari Wi-Fi palsu yang dibuat agar terlihat seperti resmi.


- Jika pun memang harus terkoneksi ke hotspot yang tidak secure, hindari mengakses hal-hal sensitif seperti rekening bank. Seorang hacker bakal senang sekali bisa dapat kesempatan mengakses ID dan password milikmu.

- Terkait poin di atas, menggunakan koneksi dari perangkat sendiri secara umum merupakan opsi yang lebih baik.

- Matikan layanan lokasi, terutama yang ada di akun-akun media sosial dan pengaturan kamera, demi menghindari orang-orang tahu persis di mana lokasimu saat ini.

- Selain itu, walaupun takkan mudah di dunia yang penuh berbagi seperti sekarang ini, pertimbangkan untuk tidak posting foto-foto mengenai petualangan asyikmu. Ya, anak-anakmu memang menggemaskan dan pagi hari saat Natal adalah momen mantap, tapi apakah kamu benar-benar ingin agar dunia tahu bahwa dirimu sedang tidak ada di rumah?





Simak Video "Musim Liburan Tiba, Antrean Dufan Membeludak"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA