Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Jan 2020 08:05 WIB

TRAVEL-TIPS

Usai Banjir lalu Ketemu Ular di Rumah, Harus Gimana?

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Banjir di Jabodetabek sekaligus memunculkan penampakan ular di sekitar rumah warga. Kalau detikers tiba-tiba ketemu ular di rumah, apalagi sepulangnya liburan, harus gimana?

Ular menjadi salah satu hewan yang ikut menjadi korban banjir Jabodetabek. Arus kencang, salah satunya, membuat mereka hanyut dan masuk ke area perumahan warga. Apalagi sebelum banjir pun sudah ada penampakan ular di sejumlah wilayah.

Jika bertemu ular, kamu disarankan jangan panik. Tentu yang dapat dilakukan adalah mengontak tim penyelamat atau snake rescue. Saat mereka belum datang atau susah dihubungi pun ada beberapa langkah penyelamatan yang bisa kamu lakukan.

Berikut tips dari Yayasan Sioux Ular Indonesia, yang bergerak di snake rescue dan snake handling training, buat detikers yang bertemu ular di rumah setelah banjir.


1. Jangan pegang ular sembarangan

Jika mau tidak terlatih dalam menghadapi ular atau tidak ada pengetahuan tentang ular, jangan asal memegang ular ya. Karena bisa jadi itu adalah ular berbisa dan berbahaya. Ular yang hanyut terbawa arus banjir juga bisa stres dan mereka juga kelaparan. Jadi tingkat agresivitas mereka lebih tinggi untuk bertahan hidup.

2. Pastikan area rumah terisolir dan amankan anak-anak. Jangan masuk dulu ke rumah

3. Tutup pintu untuk mencegah ular pergi

4. Lakukan persiapan handling

Kamu bisa melakukan penyelamatan awal sebelum tim snake rescue datang. Siapkan alat bantu seperti alat bantu, tongkat, sapu, pengki, ember untuk evakuasi ular.


Adapun cara menangani ular tanpa dibunuh yaitu:

- Gunakan sepatu dan senter
- Jepit ular dengan sapu atau bambu
- Serok dengan pengki
- Masukan ke ember yang bertutup atau kantong beras
- ikat ember atau kantong dengan aman.

5. Foto ular dan kirim ke wa.me/628176800446 (Sioux Snake Rescue) untuk identifikasi dan mendapat tutorial snake handling darurat sebelum tim snake rescue datang

6. Jika ular akan dilepas kembali, pastikan ular tidak di dalam kantong yang terikat atau botol yang tutupnya terpasang.






Simak Video "Anies Hentikan Program Toa untuk Peringatan Dini Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA