Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Feb 2020 09:55 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Berburu Aurora ala Backpacker

Syanti Mustika
detikTravel
Tempat-Tempat yang Cocok Untuk Lihat Aurora
Ilustrasi aurora(Getty Images)
Jakarta -

Traveler yang ingin berburu aurora jangan menyerah gara-gara anggaran minim. Berikut deretan tips untuk mewujudkannya.

Membayangkan perjalanan untuk menikmati aurora, tentu terbayang sudah budget mahal yang menghantui. Namun ada cara yang perlu kamu tahu bepergian untuk meliat aurora dengan budget lebih hemat.

detikcom berbincang dengan salah satu backpacker Indonesia yang baru saja pulang dari Murmansk, Rusia, Luqman Reza. Traveler yang sudah menjelajah hingga 25 negara itu dan cukup aktif membagikan pengalaman dalam grup Backpacker Internasional itu membagikan tips perjalanan ke Rusia untuk para traveler yang ingin melihat aurora, Berikut rangkumannya:

1. Cari tiket promo

Langkah utama untuk menghemat pengeluaran traveling ke benua lain adalah dengan mencari tiket promo. Jangan sampai melewatkannya. Termasuk, ke Rusia.

2. Cari Barengan

5 Tips Berburu Aurora ala BackpackerFoto: (Luqman Reza Mulyono/Istimewa)

Reza mencari rekan sesama backpacker dari Indonesia yang memiliki tujuan sama; berburu aurora di Rusia. Mereka pun berusaha sebisa mungkin untuk menyamakan jadwal keberangkatan. Sehingga biaya transport di destinasi tujuan bisa dipikul sama-sama.

3. Mau repot mengurus semuanya sendiri

Langkah selanjutnya, traveler bersedia untuk mengurus perjalanan sendiri, jangan diserahkan kepada pihak lain. Mulai dari menyelesaikan visa, hotel, transportasi, dan menyeleksi agen perjalanan.

Seteliti mungkin membandingkan harga-harga paket perjalanan andai dirasa lebih murah. caranya, bisa memanfaatkan bantuan mesin pencarian Google atau melalui review dari blogger dan vlogger yang sudah lebih dulu menggunakan jasa agen untuk melihat aurora. Kemudian, bandingkan harga dan fasilitas.

3. Mencari informasi kemunculan aurora sedetail mungkin

5 Tips Berburu Aurora ala BackpackerFoto: (Luqman Reza Mulyono/Istimewa)

Reza rajin mengumpulkan informasi kesuksesan dan kegagalan pelancong lain yang sudah lebih dahulu berburu aurora di Murmansk. Sebab, boleh dibilang untuk mendapatkan aurora adalah soal hoki, kendati biasanya fenomena alam itu muncul pada bulan November-Maret.

Merujuk pengalamannya, Reza juga rajin mengikuti informasi terbaru tentang aurora dari di situs-situs perjalanan. Selain itu, buatlah daftar tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi selama berburu aurora dan diskusikan dengan tur yang kamu pilih. Itu agar perjalanan kamu yang dalam waktu terbatas bisa maksimal.

4. Tidak perlu membawa banyak baju winter dari Indonesia

Nah, ini tips yang paling penting untuk kamu yang ingin winter sembari berburu aurora. Berdasarkan pengalaman Reza, kita tidak perlu membeli banyak baju atau jaket winter untuk dibawa ke sana.

Ternyata di Murmanks harga baju winter jauh lebih murah di Indonesia. Dia mencontohkan jenama Columbia, HnM, Zara dan North Face, hanya dibanderol Rp 300 ribu hingga 600 ribuan, padahal di Indonesia bisa berkisar jutaan.

5. Beli simcard di bandara Rusia

Ketimbang mengaktifkan paket roaming dengan nomor Indonesia ataupun membeli simcard Rusia di Indonesia, Reza menyarankan, agar traveler membeli kartu perdana saat di Rusia. Sebab, layanan internet lebih murah serta jaringan internetnya kencang. Reza harus merogoh kocek lebih dalam dibandingkan rekan seperjalanan saat membeli kartu simcard Rusia. Reza buru-buru membeli di Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp 200 ribuan, padahal andai membeli di Rusia kartu itu seharga setengahnya, Rp 100 ribuan dan dengan jaringan 4G dan kuota unlimited.

Bisa makin siap kan menuju Rusia?



Simak Video "Yuk Simak Proses Ilmiah Terbentuknya Aurora!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA