Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Mar 2020 13:16 WIB

TRAVEL-TIPS

Bepergian di Musim Corona, Ketahui Dulu 4 Tips Berikut

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh.
Ilustrasi (AP Photo)
Jakarta -

Masuknya virus Corona ke Indonesia jadi penanda bagi traveler agar lebih mawas diri. Ketahui dulu hal berikut agar perjalananmu lebih aman.

Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya 2 WNI yang positif virus Corona di Indonesia, traveling di dalam negeri kini sudah tak sebebas sebelumnya. Baik Indonesia maupun negara lain, juga turut mengalami masalah serupa.

Lantas, bagaimana kita sebagai traveler menyiasati maraknya virus Corona yang berkembang baik di Indonesia maupun di luar negeri? Tentu, ada persiapan yang harus kita lakukan.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020), berikut sejumlah hal yang harus dipersiapkan traveler di tengah wabah virus Corona:

1. Siapkan masker & hand sanitizer

Seperti yang banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan, melindungi diri dengan masker dan sanitizer menjadi salah satu cara ampuh untuk melindungi diri dari virus Corona.

Hanya dengan catatan, penggunaan masker lebih dianjurkan untuk kamu yang tengah sakit atau memiliki masalah pernafasan. Minimal, dengan cara itu kamu bisa meminimalisir penyebaran penyakit.

Sedangkan untuk hand sanitizer, bisa kamu pakai sesuai keperluan. Gunakanlah sebelum makan, atau usai pergi dari lapangan. Perlu diingat, kalau tangan adalah sumber bakteri dan virus.

2. Rajin-rajin cuci tangan

Baik menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun, keduanya disebut sangat ampuh untuk melindungi diri dari virus Corona. Pasalnya, penyebaran virus Corona dianggap sangat rentan lewat kontak fisik seperti tangan.

3. Pahami kondisi badan

Penyebaran virus Corona dapat diredam, seandainya kita lebih mawas diri. Apabila kita menyadari kondisi badan yang kurang fit atau flu, ada baiknya menahan diri dulu sampai sembuh sebelum kembali beraktivitas.

"Jika kamu adalah orang yang sakit, tinggal lah di rumah dan jangan bepergian. Kenakan masker, bahkan untuk penyakit flu sekali pun," ujar dokter Bernard Camins dari Mount Sinai Health System seperti diberitakan New York Times.

4. Ketahui kondisi di destinasi yang akan dituju

Tak ada yang lebih baik sebelum melakukan riset ke negara yang ingin dituju sebelum bepergian. Disarankan, untuk saat ini sebaiknya kamu menghindari destinasi yang tengah ramai penyebaran virus Corona. Kesehatanmu jauh lebih penting.

Terakhir, ada baiknya kamu juga menghindari kontak langsung ke wajah dengan tanganmu. Bukan tidak mungkin kalau virus Corona itu menyebar dari tangan melalui mata atau medium lainnya. Tidak perlu juga panik berlebih. Mawas diri yang utama.



Simak Video "Jakarta Pusat Jadi Kota dengan Kasus Corona Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA