Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Mar 2020 23:13 WIB

TRAVEL-TIPS

Wabah Corona, Ini Cara Bebaskan Kursi Pesawat dari Virus

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Kamera Pengawas di Kursi Pesawat
Foto: (CNN Travel)
Jakarta -

Penyebaran virus Corona di seluruh dunia masih terus terjadi. Infeksi virus sudah menyebar ke 75 negara dengan puluhan ribu orang terkena virus. Moda transportasi seperti pesawat pun bisa menjadi media penyebaran virus. Jadi tidak ada salahnya jika kita membersihkan kursi kita terlebih dulu.

"Pesawat dan kursi pesawat adalah ruang publik dan kita tahu kuman bisa hidup di permukaan untuk beberapa lama, jadi kita bisa membersihkannya dulu," ujar Aaron Milstone, dari Rumah Sakit Johns Hopkins seperti dikutip dari New York Times, Kamis (5/3/2020).

Berikut beberapa tips membersihkan area kursi dan tetap sehat selama penerbangan

- Selalu bersihkan tangan dan tidak menyentuh wajah

Partikel virus, yang menjadi alat penyebaran virus Corona, menyebar melalui cairan lendir atau air liur. Mereka bisa memasuki tubuh manusia melalui hidung, mata dan mulut. Seperti halnya virus SARS atau MERS, virus Covid-19 ini ini bisa bertahan lama di meja lipat, layar sentuh, pegangan pintu atau permukaan logam lain seperti keran air. Jadi jika ingin menggunakan peralatan di atas tadi, disinfeksi dulu permukaannya. Virus pun bakal mati deh, jangan lupa cuci tangan setelah itu ya.

Selain itu jangan sering mengusap wajah saat berada di pesawat, ini mungkin agak sulit ya, terkadang kita menguap dan secara tak sadar menyentuh wajah kita. Jadi untuk amannya, cuci tangan dulu. "Sangat penting untuk berpikir, tangan kita habis ngapain ya, dan cuci tangan," ujar Andrew Mehle, asisten dosen di Universitas Wisconsin.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, jika malas menghitung waktunya, coba saja sambil bernyanyi lagu Happy Birthday, itu sudah cukup. Jika tidak ada air, bersihkan tangan memakai hand sanitizer.

- Duduk di kursi jendela

Wabah Corona, Ini Cara Bebaskan Kursi Pesawat dari VirusFoto: (iStock)

Menurut penelitian dari Universitas Emory, selama musim flu, tempat duduk yang paling aman di pesawat adalah kursi jendela, bukan kursi lorong. Orang yang duduk di kursi jendela cenderung memiliki kontak yang lebih sedikit dengan orang-orang yang sakit.

"Pesan kursi jendela, usahakan untuk tidak terlalu banyak jalan-jalan selama penerbangan, banyak minum air dan jauhkan wajah dari tangan," ujar Vicki Stover Hertzberg, dosen dan peneliti dari Rollins School of Public Health at Emory University.

Gunakan tisu disinfektan untuk membersihkan bagian kursi seperti sabuk pengaman, remote, layar sentuh, kantung kursi dan meja lipat.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA