Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mar 2020 07:43 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips agar Nyaman Memakai Lensa Kontak Saat Traveling

Femi Diah
detikTravel
Woman inserting a contact lens in her eye.
Traveling harus pakai lensa kontak? Enggak masalah tuh. (Thinkstock)
Jakarta -

Memakai lensa kontak untuk traveler bermata minus bisa memudahkan perjalanan. Tapi, ada tips yang harus dipatuhi agar tetap nyaman menggunakan soft lens.

Lensa kontak bisa mengoreksi rabun jauh. Traveler yang memiliki rabun jauh pada penglihatannya pun akal dimudahkan untuk beraktivitas.

Tapi, beberapa kasus, misalnya mata meradang atau berair terus-menerus, membuat traveler ragu. Lee Tuang, professional affairs manager Vision Care, Johnson & Johnson Indonesia, di sela-sela memperkenalkan produk lensa kontak Acuvue Oasys with Transitions, Kamis (12/3/2020), memberikan tips agar traveler tak mengalami hal-hal tersebut.

Berikut 5 tips agar lensa kontak nyaman untuk traveler:

1.Perawatan lensa kontak

Cuci tangan dengan sabun dan air, bilas dengan bersih dan keringkan sebelum menyentuh lensa kontak yang akan dipakai.

2. Tidak boleh melebihi jam pakai

Penggunaan lensa kontak harus sesuai dengan durasi yang dianjurkan, biasanya 12 jam. Itu agar mata tidak stres, capek. Oksigen bisa kurang masuk ke mata kalau melebihi durasi yang tersebut.

3. Taati masa ganti lensa kontak

Masing-masing lensa kontak memiliki masa ganti yang berbeda-beda sejak dibuka. Kendati penampakan masih oke, namun jika masa ganti telah tiba, kontak lensa dilarang digunakan lagi.

4. Sebaiknya jangan membeli online lensa kontak

Memilih lensa kontak tidak boleh sembarangan, masing-masing pengguna memiliki karakter bola mata yang berbeda. Makanya, untuk menggunakan lesa kontak diperlukan pemeriksaan mata lebih dahulu. Jika memang telah rutin menggunakan lensa kontak, pemeriksaan bisa dilakukan secara rutin 1 tahun sekali.

5. Pilih lensa kontak sesuai dengan aktivitas

Penggunaan lensa kontak menuntut higienis tinggi dari si pemakai. Untuk traveler yang gemar naik gunung dan divining, snorkeling, atau berenang disarankan menggunakan lensa kontak sekali pakai. Sebab, amoeba yang ada di air sulit untuk dimatikan.



Simak Video "InstaTalk!: Traveling di Mata Fashion Photographer Nicoline Patricia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA