Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mar 2020 17:26 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini Tips Buat Para Freelancer dari Marischka Prudence

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Marischa Prudence
Marischka Prudence (Randy/detikTravel)
Jakarta -

Tak sedikit para pekerja freelance yang menjerit di tengah pandemi corona, terutama di sektor pariwisata. Untuk itu, Marischka Prudence pun berbagi tipsnya.

Penutupan sejumlah tempat wisata di Indonesia serta imbauan mengisolasi diri di rumah untuk menekan virus corona begitu dirasakan para pekerja freelance yang hidup dari pariwisata.

Tak sedikit yang harus membatalkan hingga menunda trip, termasuk juga menyetop kegiatan traveling hingga batas waktu yang belum ditentukan. Namun, tentu ini bukanlah akhir dari segala-galanya.

Terkait permasalahan tersebut, detikcom pun berkonsultasi dengan ex presenter sekaligus travel influencer Marischka Prudence via pesan singkat. Pada detikcom dan para pekerja kreatif di sektor pariwisata, Marischka atau akrab disapa Prue berbagi tips.

"Buat yang kerjaannya serupa dengan gw, mungkin tetap bisa jadi penulis lepas. Misalnya tawarin artikel ke media atau nulis di blog atau platform sendiri. Mungkin saatnya create hal kreatif sendiri tanpa mesti ke luar/trip," ujar Prue.

Menurut Prue, di tengah pandemi ini para pekerja freelance yang tadinya berkutat di lapangan bisa coba untuk menjadi penulis lepas. Minimal dengan menulis di blog, bisa memanfaatkan iklan online atau adsense untuk mendapatkan pemasukan.

[Gambas:Instagram]

Tak hanya itu, sebenarnya para pekerja freelance juga bisa membuat suatu karya kreatif tanpa perlu ke lapangan atau tempat wisata. Hadirnya media sosiasl seperti Instagram, Youtube hingga Tik Tok yang baru-baru ini populer pun bisa dimanfaatkan.

Bagi Prue, sebenarnya ia telah melakukan sejumlah hal di atas lama sejak sebelum pandemi corona merebak. Selain mengisolasi diri di rumah dan menunda trip, kini Prue malah lebih sibuk membagikan informasi terkait corona untuk para pengikutnya.

"Tapi yang gw lihat sih teman-teman (dan termasuk gw) lebih banyak sosialisasi soal COVID-19, soal social distancing dll, karena hopefully kalau keadaan lebih cepet membaik kan berarti kami bisa bekerja lagi. Jadi jalan terbaik ya tunggu dulu, lakukan apa yang bisa dilakukan tanpa mesti banyak interaksi atau ke keramaian," ujar Prue.

Sebagai pekerja kreatif dan travel influencer, Prue pun mengajak semua traveler untuk lebih peduli soal COVID-19. Ia pun meminta agar setiap orang tidak egois, bertahan dan bersama memerangi corona.

"Harapannya mudah-mudahan teman-teman freelance cukup tabungannya, karena memang untuk sementara industri travel tiarap dulu. Untuk kebaikan bersama juga," tutup Prue.

Seperti saran dari Prue, para pekerja kreatif tentu harus bertahan dengan segala cara di tengah pandemi corona. Mari kita semua bertahan di rumah dan mengurangi bepergian, setidaknya sampai situasi membaik.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA