Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mar 2020 19:20 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Asyik Bekerja dari Rumah ala Influencer Gemala Hanafiah

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Gemala Hanafiah
Foto: (Gemala Hanafiah/Instagram)
Jakarta -

Sebagian besar pekerja telah dianjurkan untuk bekerja dari rumah. Hal dilakukan demi memutus rantai penularan COVID-19.

Pada detikcom, influencer Gemala Hanafiah membagikan tips untuk traveler yang bekerja dari rumah. Mungkin akan lebih banyak kendala yang traveler rasakan saat bekerja di rumah dari pada di kantor. Berikut 7 tips bekerja di rumah dari Gemala Hanafiah.

1. Siapkan Tempat Khusus

Biasanya kerja dari rumah itu akan sulit fokus. Kalau traveler punya ruangan sendiri untuk kerja itu sangat bagus.

Tapi, jika tak memungkinkan untuk kerja di ruangan tersendiri pun tak masalah. Kamu bisa bentuk ruang kerja sendiri dengan meja kecil untuk meletakkan laptop.

Jangan lupa lengkapi dengan colokan untuk charge. Jadi, nantinya kamu tak perlu jauh-jauh kalau baterai laptop atau handphone kamu habis.

Selain itu, beri tahu anggota keluarga kamu akan pentingnya kerja tanpa diganggu. Pasti mereka akan mengerti.

2. Tetap Punya Rutinitas

Tetap bangun pagi ya traveler, jangan lupa olahraga dan sarapan sehat. Setelah itu mandi dan ganti baju agar mood kerja lebih baik.

Jangan bangun terlalu siang, karena kalau membuka laptop saat kondisi baru bangun tidur, hawa malas akan menempel. Betul nggak traveler?

"Ini berdasarkan pengalaman pribadi yaa, tapi kalau ada ritme kerjanya lebih enak dari malam sampai subuh dan tidur sampai siang yaaa.. Silahkan saja. BIasanya anak-anak editan dan grafis neeh," tulis Gemala.

3. Bikin 'what to do' list

Memang, kalau sudah di rumah, akan banyak godaan. Sedikit jenuh, kita bisa bermalas-malasan di sofa menonton Netflix atau Youtube. Niat hanya scroll media sosial berujung satu jam, kapan kerjanya?

"Nah, inilah pentingnya punya list yang harus dikerjakan per harinya, supaya kamu nggak keluar dari track," kata Gemala.

Jangan lupa cek what to do list ya ya traveler. Kalau sudah beres, tinggal dicentang. Saat sore, begitu kamu melihat semua sudah selesai, rasanya akan sangat puas.

4. Lunch Time

Samakan jadwal di kantor dan di rumah. Hanya beda tempat saja, namun aktivitas tetap sama.

"Penting untuk tetap punya jadwal yang sama supaya ritme kerja juga tetap terjaga," tulis Gemala.

5. Siapkan aplikasi video call dan koneksi

Sekarang, telah banyak aplikasi video call yang bisa dipakai bersama dengan teman-teman kantor. Mungkin akan sedikit repot, karena tidak bisa meeting bertemu muka.

Nah, yang perlu diingat, saat video call bersama, ada moderator yang memandu jalannya rapat. Kalau semua anggota berbicara bersamaan nanti akan semakin tidak kondusif.

6. Bergerak setiap jam

Ini sangat penting traveler, kalau di kantor kita bisa berineraksi dengan kolega, masih bisa jalan-jalan sebelum bekerja lagi, di rumah usahakan untuk tidak lupa bergerak.

Untuk refreshing sejenak, traveler bisa mengobrol dengan anggota keluarga. Selain itu, bisa juga main dengan binatang peliharaan.

"Mungkin main/ngobrol sama anggota keluarga yang lain sebentar, termasuk dengan anabul alias anak bulu yang bisa bikin stres menurun," tulis Gemala.

7. Tetapkan batasan jam kerja

Kerja tanpa jam kantor akan banyak godaannya traveler, jangan sampai kebablasan ya. Biasanya, kerja dari rumah akan lupa waktu.

Sebaiknya, berikan batasan waktu yang jelas. Kalau sudah menjelang malam, akhiri pekerjaan traveler. Nikmati saat-saat kamu memang harus berada di rumah.

Nah, itu adalah 7 tips bekerja di rumah dari Gemala. Jadi buat traveler, jangan lupa waktu, selalu jaga kesehatan dan tetap semagat ya.

"Selamat bekerja dari rumah semua, stay safe ya,"tutup Gemala



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA