Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Mar 2020 11:05 WIB

TRAVEL-TIPS

Mumpung WFH, Berikut 5 Tips untuk Traveling dari Rumah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi sahabat
Ilustrasi (Getty Images/urbazon)
Jakarta -

Pandemi corona telah memaksa banyak orang untuk mengisolasi diri dari rumah. Hanya jangan sedih, berikut 5 tips untuk traveling dari rumah.

Sebagai bentuk perlawanan pada virus corona, Pemerintah Indonesia telah mengimbau warganya untuk mengisolasi diri sementara serta menerapkan social distancing. Tak sedikit juga para pekerja yang telah bekerja dari rumah (Work From Home/WFH), tak terkecuali anak sekolah.

Terpaksa mendekam di rumah untuk waktu yang tidak ditentukan memang membuat kita mati gaya, khususnya untuk para traveler yang lebih menikmati perjalanan di luar rumah.

Hanya jangan berkecil hati, mengisolasi diri di rumah toh bukan berarti bisa mematikan kegiatan traveling kita. Hanya dari yang tadinya real secara fisik, mulai berubah jadi online atau via dunia maya.

Dihimpun detikcom, Sabtu (28/3/2020), berikut 5 kegiatan traveling yang bisa kamu lakukan dari dalam rumah.

1. Menulis cerita perjalanan

Rutinitas dan minimnya waktu tak jarang membuat foto dan catatan perjalanan saat traveling terabaikan di kamera atau hardisk eksternal kita. Mumpung punya banyak waktu dari rumah, sekaranglah momen terbaik.

Coba buka lagi foto dan catatan perjalananmu yang lalu, rapikan dan tuliskan dalam sebuah wadah seperti blog pribadi. Kalau mau yang eksposurenya lebih luas, kamu bisa loh mengirim tulisan untuk detikTravel. Link untuk mengirim artikelnya di sini. Ide bagus bukan?

2. Rencanakan kegiatan traveling mendatang

Selain menikmati perjalanan, salah satu kegiatan yang tak kalah asyik adalah merancang kegiatan travel atau membuat itinerary. Khusus yang ini, kamu bisa melakukannya di mana pun termasuk di rumah.

Walau kini dunia tengah menutup diri, tapi bukan berarti kamu gak bisa merencanakan perjalananmu di tahun mendatang sambil berharap pandemi corona segera berakhir. Coba deh, mulai buat itineray perjalananmu mendatang dari sekarang.

3. Berbagi momen traveling

Kisah traveling tak hanya untuk dibagikan di media sosial atau diri sendiri, tapi juga keluarga. Mumpung sedang mengisolasi diri di rumah, coba deh ceritakan kisah perjalanmu ke keluarga terdekatmu.

Selain bisa jadi momen perekat, tak ada salahnya mengenang perjalanan yang telah lalu di tengah pandemi corona yang menguras energi ini. Mending kita memikirkan hal menyenangkan seperti traveling.

4. Dengarkan lagu bertema perjalanan

Walau sedang mengisolasi diri di rumah, bukan berarti suasana kamu harus gloomy dan suram. Coba deh dengarkan lagu bertema traveling atau perjalanan sambil memejamkan mata dan membayangkannya.

Misalnya mendengar lagu berbahasa Jawa untuk merasakan nuansa traveling di Yogyakarta, atau mungkin bahasa asing untuk nuansa traveling di luar negeri. Bisa juga lagu genre reggae untuk suasana di Bali dan Gili Trawangan. Sekreatifnya kamu!

5. Baca buku bertema perjalanan

Ada istilah, buku adalah jendela dunia. Lewat buku, pikiran kita akan diajak untuk berimajinasi dan membayangkan segala hal yang ada di dalam buku. Apalagi kalau kamu membaca buku bertema perjalanan.

Contoh saja, kamu bisa membaca buku sang legenda traveler Jack Kerouac On The Road, Eric Weiner The Geography of Bliss dan masih banyak lainnya. Kalau takut keluar, kamu bisa membaca bukunya online atau pesan fisiknya via online.

Itulah beberapa tips buat traveling dari rumah yang bisa kamu lakukan secara aman dan menyenangkan. Mari kita ciptakan suasana positif dari dalam rumah.



Simak Video "Kasus Covid-19 di Jakarta Tambah 466, Total 22.909"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA