Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 23:02 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Kemping Aman Saat Libur Idul Adha Nanti

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Tempat Cantik Buat Kemping di Bogor
Ilustrasi kemping di Bogor (Foto: Desvriany/d'Traveler)
Jakarta -

Libur lebaran Idul Adha sudah di depan mata. Pasti ada traveler yang merencanakan naik gunung atau kemping ceria saat liburan Idul Adha.

Namun, di saat pandemi Corona seperti ini traveler harus lebih memerhatikan beberapa hal ini. Diberitakan CNN, Senin (27/7/2020) berkemah jadi salah satu bentuk rekreasi yang aman, di samping kegiatan ini memang dapat menyegarkan pikiranmu kembali.

Meski begitu, kemping bukan tanpa risiko. Jika Anda mengikuti aturan yang ada kamu masih tetap bisa refreshing tanpa khawatir akan virus Corona.

Seberapa besar risiko kemping?

Situs berita MLive telah menanyakannya pada empat spesialis kesehatan masyarakat. Mereka menilai 36 kegiatan berdasar risiko kesehatan dan menghasilkan rata-rata sebagai berikut.

Pada skala 1-10 dengan angka 10 adalah tingkat risiko tertinggi, kemping memiliki nilai 3, relatif rendah. Kegiatan kemping sudah seperti bermain golf atau belanja di toko bahan makanan tapi tetap mengikuti protokol kesehatan.

Bermain tenis memiliki nilai 1 dan pergi ke gym atau taman rekreasi memiliki nilai 8. Karena, ruang tertutup cenderung penuh dengan virus.

Pergi kemping sendirian atau bersama orang terdekat adalah cara terbaik saat ini. Di waktu sebelumnya, banyak tawaran open trip yang biasanya diikuti puluhan peserta.

Berikut hal-hal yang harus dihindari saat kemping agar minim risiko penularan COVID-19 saat liburan Idul Adha:

- Bernyanyi bersama di sekitar api unggun
- Asap dari api unggun itu bisa membuat Anda batuk dan membantu menyebarkan virus. Jangan membuat api unggun
- Makan bersama saat kemping di kelompok yang besar. Atau menghindari menyajikan makanan bergaya prasmanan.

Perlu diingat bahwa udara dingin dan kering dapat meningkatkan risiko penyebaran virus jenis lain.

Menurut ahli, ada dua hal terakhir utama yang perlu disiapkan oleh para pendaki. Apa saja, yakni membawa pembersih tangan yang setidaknya mengandung 60% etanol atau 70% isopropanol juga masker ekstra.

Selebihnya, Anda harus menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan yang ada di lokasi kemping atau pendakian saat berlibur Idul Adha.



Simak Video "InstaTalk!: Traveling di Mata Fashion Photographer Nicoline Patricia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA