Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Agu 2020 20:14 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Traveling Aman dan Asyik ala Claresta Taufan

Putu Intan
detikTravel
Claresta Taufan
Foto: dok. pribadi
Jakarta -

Host Jejak Petualang, Claresta Taufan Kusumarina bagi-bagi tips nih agar tetap aman dan asyik saat traveling. Disimak, yuk!

1. Mencari informasi mengenai destinasi tujuan

Asian woman passenger with casual suit using the social network via smart mobile phone in the BTS Skytrain rails or MRT subway for travel in the big city, lifestyle and transportation concept Foto: Thinkstock

Tips pertama ini sangat mendasar ya. Sebelum traveling, sebaiknya traveler mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi yang akan dituju.

"Harus tahu di sana ada apa. Tujuan kita apa. Supaya kita tahu apa yang perlu disiapkan," kata Clares kepada detikcom.

"Kalau di sana ternyata nggak sesuai dengan informasi yang kita kumpulkan, ya nggak apa-apa. Follow the flow tapi keamanan nomor satu," Clares berpesan.

2. Bawa makanan dan minuman sendiri

camilan prkatis untuk bekal anakFoto: iStock

Tips kedua, berkaitan dengan kebutuhan dasar saat pergi menjelajah. Clares selalu membawa makanan dan minuman di dalam ranselnya.

"Aku bawa buah terus air putih itu wajib di tas. Jadi kalau lapar aku langsung makan," kata Clares.

Nah, gunanya membawa makanan ini selain mencegah kelaparan juga agar traveler tak sembarangan mengkonsumsi makanan di jalan. Apalagi saat pandemi Corona, lebih baik membawa bekal makanan yang kita siapkan sendiri agar kebersihan dan kesehatannya terjamin.

3. Kenakan pakaian yang sesuai destinasi

Sandy toes and feet of two women relaxing on chaise lounge chairs while enjoying a tranquil beach vacation. Idyllic Tropical beach resort scene of two women sunbathingTips Traveling Aman dan Asyik ala Claresta Taufan Foto: Thinkstock

Nah tips berikutnya ini terkait dengan pakaian atau outfit yang perlu kita perhatikan saat traveling. Menurut Clares, kenyamanan pakaian harus diutamakan apalagi jika traveler melakukan wisata petualangan.

"Outfit harus sesuai mau kemana dan ngapain. Ini jatuhnya lebih ke kenyamanan," ujar Clares.

Misalnya ketika traveler pergi ke daerah pegunungan yang hawanya dingin, gunakanlah jaket. Lalu ketika ke pantai, traveler dapat menggunakan kaos dan celana pendek.

4. Saat diving, pastikan alatnya aman

Olahraga Diving Foto: Thinkstock

Tips keempat untuk traveler yang hobi diving, Clares berpesan agar selalu memastikan keamanan alat sebelum mulai menyelam. Salah satu contohnya untuk mouthpiece pastikan ukurannya pas di mulut traveler.

"Kalau mouthpiece nggak nyaman jangan dipakai. Karena kan sumber oksigen cuma dari mulut, kalau nggak nyaman bahaya," kata Clares.

"Harus dipastikan nyaman dan bukan cuma regulator, mouthpiece, bahkan mask harus dicoba dan pas. Kalau di bawah air lalu bocor itu mengganggu sekali," ia melanjutkan.

Selain itu, Clares juga mengungkapkan untuk dirinya sendiri, ia wajib memiliki alat diving seperti mask, fins, dan booties. Lalu untuk regulator dan oksigen juga harus diperiksa secara berkala. Penting pula untuk didampingi diver profesional saat diving.

5. Berlaku sopan dan tak buang sampah sembarangan

Happy man and woman volunteers dressed in blue t-shirts cleaning public garden from plastic rubbish into the bagsFoto: iStock

Tips kelima ini wajib diperhatikan saat traveling ke sebuah destinasi. Traveler harus dapat menyesuaikan diri dengan berlaku sopan kepada masyarakat dan menjaga kelestarian alam yang ada di setiap destinasi.

"Jadilah penasaran untuk explore tapi tetap harus membawa pengaruh positif ke tempat tersebut. Kalau bisa memberikan dampak positif ke mereka," ujar Clares.

"Jangan sebaliknya, datang ke tempat orang tapi berlaku yang tidak sopan atau kita ke alam malah membuang sampah sembarangan. Kalau kita baik sama alam, alam juga akan baik sama kita," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik]



(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA