Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Agu 2020 21:11 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Sederhana Menghindari Hipotermia saat Mendaki Gunung

Sabana Gunung Lawu.
Ilustrasi Gunung Lawu Foto: (damario020/d'Traveler)
Jakarta -

Gunung Lawu baru saja dibuka jalur pendakiannya. Namun, beberapa waktu lalu ada kabar duka kembali datang dari sana, pendaki meninggal terkena hipotermia.

Kejadian ini ada di masa pendakian libur panjang akhir pekan lalu. Pendaki yang meninggal ini masih muda dan berumur di bawah 30 tahun.

Gunung Lawu terkenal sebagai gunung terdingin di pulau Jawa. detikTravel pernah merasakannya, mendaki di pertengahan musim kemarau, dan memang sangat dingin di waktu dini hari.

Lalu, apa persiapan sederhana untuk menghindari hipotermia saat mendaki? Berikut saran dari akun lawumountain:

1. Mendaki di siang hari

Saat siang hari suhu di gunung akan lebih nyaman untuk tubuh. Adanya sinar matahari juga bisa menjadi media yang akan membantu mengeringkan baju saat basah karena keringat atau tetesan air.

2. Hindari pakaian berbahan jeans

Karena celana jeans ini memiliki pori-pori bahan yang cukup besar, sehingga udara dingin akan mudah masuk melewatinya. Sementara saat kondisi basah, jeans akan lama untuk dikeringkan, sehingga kamu akan lebih mudah kedinginan.

[Gambas:Instagram]

3. Makan dan jaga isi perut

Makanlah sebelum mendaki. Ketika perut kosong maka tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk memanaskan tubuh. Usahakanlah membawa logistik dan camilan yang bergizi untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit selama pendakian.

4. Alat mendaki dan baju ganti

Pastikan membawa alat yang sesuai dengan prosedur pendakian. Sediakan pula cadangan kaos, jaket, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, sepatu dan celana. Gantilah pakaian yang basah.

"Memasuki musim kemarau, suhu di gunung makin dingin aja. Berdasarkan pantauan suhu di freemeteo, suhu di gunung Lawu bisa turun hingga 1 derajat Celcius pada dini hari hingga pagi," kata lawumountain.

"Suhu baru bergerak naik 3 derajat sekitar pukul 07.00 WIB. Agar terhindar dari hipotermia lakukan beberapa hal ini ya!" pungkas dia.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA