Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Sep 2020 08:19 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Spot Diving untuk Pemula dari Marischka Prudence

Rizka Elfira
detikTravel
travel blogger
Foto: (marischkaprue/Instagram)
Jakarta -

Travel influencer Marischka Prudence memiliki pengalaman panjang scuba diving atau menyelam dengan alat skuba. Dia memiliki sederet area diving yang pas untuk pemula.

Diving menjadi salah satu aktivitas wisata yang berkembang pesat sebelum COVID-19 melanda dunia. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan dikepung lauat dan pantai memiliki spot-spot diving yang menawan.

Tapi, tak semua cocok untuk penyelam pemula. Nah, Marischka memiliki saran lokasi diving untuk mereka yang sedang coba-coba wisata selam.

"Kalau untuk pemula, gue akan sarankan dengan tempat yang dekat dengan kalian dahulu. Kalau kalian di Jakarta, biasanya startnya di Pulau Seribu," kata Marischka dalam perbincangan dengan detikTravel.

"Karena, biasanya, destinasi sebagus apapun tapi kalian masih awal dan kagok sama alat menjadi percuma. Betulkan, kalau tempatnya bagus, tapi kita masih ribet sama alat percuma," dia menambahkan.

"Start dari tempat yang dekat-dekat dulu. Tapi, untuk tempat belajar scuba diving menurut gue di Bali atau Bunaken (Sulawesi Utara), kalian ambil lima hari belajar di sana terus nanti lanjutin," dia menjelaskan.

[Gambas:Instagram]



Marischka menekankan agar traveler yang masih belum akrab betul dengan alat-alat scuba diving tidak terburu-buru memilih tempat ekstrem.

"Bagi yang baru start, jangan yang gila-gila dulu destinasinya. Tapi memang seperti di Komodo kan arusnya kencang, jadi enggak mungkin untuk pemula dan harus ada sertifikasi khusus untuk bisa diving di situ," ujar Marischka.

"Jadi, untuk pemula bisa ke Bali atau Bunaken, belajar sambil ambil dan nambah jam selam gitu," dia menambahkan.

Marischka mendapatkan sertifikat menyelam sejak 2010. Saat itu, dia masih terdaftar sebagai salah satu reporter televisi swasta dan mendapatkan tugas untuk memperoleh sertifikat scuba diving tersebut.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA