Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Jun 2021 23:17 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Wisata Naik Motor ke Gunung Bromo Saat Pandemi

Naik motor atau touring jarak jauh yang dilaksanakan di era pandemi tentu membutuhkan persiapan yang tidak sederhana. Bagaimana tips jika ingin touring ke Gunung Bromo?
Tips touring naik motor ke Bromo Foto: dok Yamaha Bali
Pasuruan -

Naik motor atau touring jarak jauh yang dilaksanakan di era pandemi tentu membutuhkan persiapan yang tidak sederhana. Bagaimana tips jika ingin touring ke Gunung Bromo?

YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia) Provinsi Bali yang beberapa waktu lalu ketika melaksanakan touring dengan tujuan akhir Taman Nasional
Bromo Tengger Semeru ingin membagikan tips terkait hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukan touring ke Bromo.

"Tidak kalah penting daripada kegiatan touringnya sendiri, ada beberapa hal yang wajib untuk dipersiapkan dengan baik, mengingat kondisi saat ini masih pandemi. YRFI Bali sudah mulai melakukan persiapan dua bulan sebelum perjalanan ke Bromo, dan untuk itu kami ingin berbagi tips ini kepada sesama Bikers yang memang menggemari touring. Semoga bermanfaat," tutur Rofiq selaku Sekjen YRFI Provinsi Bali.

Apabila 6 hal tersebut dipersiapkan dan dijalankan dengan baik tentu perjalanan touring saat pandemi akan berlangsung selamat, aman dan nyaman.

1. Siapkan kondisi motor

Karena perjalanan yang akan ditempuh cukup panjang maka kondisi motor harus prima. Lakukan service berkala di jaringan diler terdekat di kotamu agar nantinya motor dalam kondisi aman dan nyaman.

Dalam service berkala, motor akan diperiksa secara detil mulai dari kelayakan ban, kondisi sprocket- rantai, fungsi rem, kondisi oli, fungsi lampu sampai tegangan battery. Selain itu pada bagian mesin juga akan diperiksa seperti pembersihan saringan udara, CVT, karburator atau injector juga pemeriksaan kompresi. Setelah melalui perawatan berkala tersebut tentu motor kita akan siap diajak touring.


2. Tentukan rute touring

Tentukan tujuan akhir dan kota-kota mana saja yang akan dilalui. Rute jalan bisa dicek melalui aplikasi GPS atau maps unntuk mengetahui estimasi waktu dan jarak yang ditempuh. Alangkah baiknya kita juga membuat jadwal yang lebih detil dengan menyusun itinerary. Sehingga perjalanan touring bisa disusun
lebih efektif.

3. Booking tiket Bromo

Selama pandemi pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dibatasi maksimal 1001 wisatawan per harinya. Tiket masuk wisata Taman Nasional Bromo bisa diperoleh secara online dengan membuka situs https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org/. Melalui situs itu kita bisa memilih tanggal kunjungan, mengisi biodata kemudian melakukan pembayaran lewat virtual account. Batas pembayaran 2 jam setelah pendaftaran.

Tips touring ke Bromo Selanjutnya: Jangan Lupa Tes Antigen

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "4 Titik di Jalur Menuju Gunung Bromo yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA