Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Feb 2022 07:12 WIB

TRAVEL-TIPS

7 Cara Mudah Packing dan Meringankan Koper

Ilustrasi Koper
Koper (Foto: iStock)
Jakarta -

Mengepak barang untuk bepergian memang kadang menimbulkan stress bila terlihat terlalu banyak. Jika demikian ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan.

Melansir Travel + Leisure, merujuk wawancara dengan ahli pengemasan Anne McAlpin. Ia penulis Pack It Up: Panduan Penting untuk Perjalanan Cerdas, tentang cara mengemas lebih cerdas dan lebih ringan.

Berikut saran atau tips perjalanan dalam hal mengepak barang.

1. Kemas barang untuk satu minggu (atau kurang) dan cuci pakaian

McAlpin menyarankan untuk mengemas pakaian selama seminggu. Bahkan jika perjalanan Anda lebih lama, maka cucilah barang-barang yang diperlukan di sepanjang jalan.

2. Kemas sekitar satu warna dasar

Baik itu hitam, biru tua, atau hijau direkomendasikan untuk memilih satu warna dasar untuk dibawa. "Ini adalah aturan lama yang praktis, tapi itu benar-benar berhasil agar tidak mengorbankan gaya Anda," katanya.

3. Jangan mengemas lebih dari tiga alas kaki

Orang sering mengemas sepatu secara berlebihan, tapi dengan membawa maksimal tiga pasang alas kaki akan membantu menghemat pakaian dan menghindari kelebihan muatan.

4. Merencanakan pakaian

Merencanakan pakaian selama perjalanan adalah hal yang bagus untuk menghindari overpacking. Buatlah daftar fisik dari setiap pakaian yang Anda kemas untuk siang, malam, dan acara/kegiatan.

5. Kemas secara visual

McAlpin dikenal dengan rasio pengepakan 3:1, yang berarti dia mengemas tiga atasan untuk setiap sepasang celana atau bawahan lainnya. Saat berkemas, dia menyarankan untuk menyimpan barang-barang pakaian di gantungan dengan mempertimbangkan rasio. Elemen visual akan membantu Anda menyelesaikan dan merencanakan pakaian dengan lebih mudah.

6. Tahu yang harus digulung dan dilipat

Menggulung pakaian terkadang dapat menghemat ruang di dalam koper. Tapi penting untuk memikirkan bahan kain saat Anda memutuskan cara melipat pakaian. Biarlah kemeja katun tetap rata, sementara bahan sintetis dapat dengan mudah digulung tanpa mengerut nantinya.

7. Gunakan organizer bag

Organizer bag adalah aksesori perjalanan yang populer. Berbentuk kubus, tas atau kantong kecil ini akan membantu Anda menghemat ruang di bagasi yang bisa memisahkan pakaian kotor dan bersih serta mengunci bau.



Simak Video "Akhirnya Koper yang Nyasar Sudah Balik ke Tangan Kaesang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA