Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Apr 2022 10:20 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Road Trip Bareng Keluarga agar Nyaman di Perjalanan

Erika Dyah
detikTravel
Glamping
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Road trip menjadi salah satu cara seru untuk menghabiskan waktu bareng keluarga. Belakangan, hal ini juga semakin populer di kalangan masyarakat karena traveling lewat jalur darat dengan mengendarai mobil dinilai lebih aman untuk dilakukan di masa pandemi.

Tak hanya memberi keamanan, road trip menggunakan mobil pribadi bisa membantu menghemat biaya, apalagi jika harus bepergian dengan jumlah personel yang banyak. Bepergian menggunakan mobil pribadi juga memberikan fleksibilitas sehingga waktu perjalanan dan jalur perjalanannya bisa diatur sendiri.

Bagi Anda yang tertarik road trip menggunakan mobil bareng keluarga, cobalah beberapa persiapan berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Cari Tahu tentang Destinasi yang Dituju

Sebelum melakukan road trip, jangan lupa untuk cari informasi lebih dalam mengenai destinasi yang ingin Anda tuju. Terlebih, jika destinasi tersebut merupakan yang pertama kali Anda kunjungi.

Sebelum road trip, Anda bisa lebih mempersiapkan diri dengan kondisi perjalanan seperti medan jalan, pilihan jalur alternatif, serta akses jalan yang punya banyak fasilitas umum untuk tempat beristirahat.

2. Siapkan Jadwal Mengemudi dan Waktu Istirahat

Jika Anda pergi road trip dengan menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer, tentunya akan membutuhkan beberapa waktu untuk beristirahat. Tentukan jadwal mengemudi yang realistis dan siapkan waktu beristirahat sehingga Anda tak perlu memaksakan diri tetap mengemudi yang justru berisiko dan bahaya untuk Anda dan keluarga.

Lihatlah rute perjalanan dan kapan Anda bisa berhenti di rest area untuk berhenti sejenak, baik untuk pergi ke kamar mandi, makan, beribadah, atau juga memberi waktu bagi anak untuk bermain dan bergerak di luar ruangan. Cari tahu juga jadwal yang pas untuk melakukan perjalanan agar terhindar dari risiko macet, sebab hal ini bisa membuat anak lelah di jalan.

3. Bekali Keluarga dengan Hiburan Menyenangkan

Perjalanan darat yang memakan waktu lama bisa bikin anggota keluarga Anda bosan dan kelelahan. Namun, Anda bisa akali hal ini. Caranya, melengkapi rencana road trip dengan hiburan yang menyenangkan.

Beri waktu untuk anak menikmati layar gadget untuk mengakses berbagai konten hiburan, seperti musik, film, serta game-game favorit mereka. Anda juga bisa siapkan playlist favorit keluarga atau kartu permainan berisi pertanyaan yang dapat digunakan untuk membuka dialog seru selama perjalanan.

4. Pastikan Kondisi Kendaraan dalam Keadaan Prima

Hal yang paling penting untuk disiapkan sebelum road trip adalah pemeliharaan kendaraan Anda. Jangan sampai ketika perjalanan justru berakhir jadi bencana karena kasus mogok atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa coba servis rutin kendaraan agar makin tenang. Anda juga perlu mempertimbangkan ketersediaan ruang di mobil untuk anggota keluarga agar tak terlalu berdesakan. Dengan begitu, road trip menjadi lebih nyaman untuk semua anggota keluarga dan meninggalkan kesan menyenangkan.

5. Pilih Kendaraan yang Tepat

Pemilihan kendaraan juga jadi hal krusial. Sebab, dapat menentukan kenyamanan selama di perjalanan. Salah satu kendaraan yang punya kapasitas yang luas sehingga cocok untuk jadi andalan saat road trip adalah All New Honda BR-V.

Mobil SUV 7-seater ini memiliki tenaga optimal di kelasnya (121PS) 1.5L DOHC i-VTEC Engine, serta rendah emisi karbon. Mobil ini cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga.

All New Honda BR-V hadir dengan tampilan modern yang sudah dilengkapi teknologi terkini di setiap variannya yang bisa Anda lihat dengan mengunjungi website resminya di sini.

(akn/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA