Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Mei 2022 16:04 WIB

TRAVEL-TIPS

Berencana Liburan ke Daerah Dataran Tinggi? Perhatikan 3 Hal Berikut!

Sponsored
detikTravel
Ilustrasi Traveling
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Bagi orang yang dalam rutinitas hariannya bergelut dengan panasnya cuaca seperti di Jakarta, tentunya liburan ke dataran tinggi bisa menjadi salah satu alternatif guna melepaskan penat dan stres yang telah menumpuk dalam pikiran.

Beberapa daerah dataran tinggi terkenal yang ada di pulau Jawa, yang dekat dengan Jakarta adalah Bogor dan Bandung. Tak heran, apabila sangat mudah untuk menemukan villa murah di Puncak, Bogor dan villa di Bandung. Apalagi, ketika Anda mencari rekomendasi penginapan tersebut melalui Traveloka, akan ada banyak sekali pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kendati demikian, bagi Anda yang terbiasa dengan hawa dan cuaca cenderung panas, berlibur ke dataran tinggi seperti Bogor dan Bandung akan memberikan culture shock ke tubuh Anda. Tubuh Anda yang terbiasa dengan kondisi panas dan gerah, akan merasa bingung dengan kondisi udara yang sejuk cenderung dingin. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan secara matang, agar liburan Anda ke dataran tinggi dapat dilaksanakan secara maksimal.

Apa saja hal-hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum pergi liburan ke dataran tinggi? Berikut ini penjelasannya.

1. Cuaca yang Sering Berubah

Memang, pergi ke dataran tinggi yang memiliki udara sejuk cenderung dingin merupakan sebuah kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi, biasanya, daerah-daerah yang berada di dataran tinggi ini biasanya dipenuhi oleh perkebunan dan suasana yang syahdu.

Anda mungkin sudah terbayang, kegiatan seperti apa yang akan Anda lakukan bersama keluarga atau rekan kerja, ketika berliburan ke dataran tinggi. Bermain arum jeram, pergi ke air terjun, mengunjungi perkebunan, dan tentunya masih banyak lagi kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di dataran tinggi cuacanya sering tidak menentu. Sebagai contoh, di pagi hari bisa jadi cuacanya cerah dengan matahari yang bersinar terang. Tetapi pada sore hari, bisa jadi sebaliknya.

Cuaca bisa jadi sangat gelap, berangin yang membawa hujan, hingga bahkan gemuruh petir bertebaran di atas langit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cuaca tempat dataran tinggi yang ingin Anda kunjungi, sebelum waktu liburan tersebut tiba.

2. Mengombinasikan Baju Hangat dan Baju Kasual yang Cukup

Meskipun memiliki label sebagai tempat yang berada di dataran tinggi, belum tentu daerah yang hendak Anda tuju akan selalu memiliki cuaca yang secara berkelanjutan dingin. Kadang kala, ada masa di dataran tinggi, cuaca bisa menjadi sangat panas karena matahari yang sangat terik namun kadang untuk hawa udaranya masih terasa sejuk.

Pada kondisi ini, menggunakan pakaian kasual seperti kas lengan panjang atau pendek menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi di kala sedang berada di cuaca paling dingin, penggunaan pakaian yang bersifat menghangatkan seperti hoodie atau jaket merupakan pilihan yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengombinasikan beberapa pakaian seperti ini, agar Anda dapat selalu nyaman selama liburan.

3. Jangan Lupa Bawa Sunscreen

Tahukah Anda meskipun memiliki cuaca yang dingin, dataran tinggi dapat memberikan efek yang cukup serius terhadap kulit kita. Hal ini karena matahari yang dapat bersinar sangat terik, namun karena udara yang dingin, kita menganggap teriknya matahari bukanlah sebuah masalah.

Padahal, terik matahari ini dapat memberikan dapat yang kurang baik untuk kesehatan kulit wajah ataupun kulit badan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menggunakan tabir surya ketika hendak ke luar ruangan di dataran tinggi.

Selain dapat menangkal polusi dan radikal bebas, tabir surya juga dapat membantu melindungi lapisan kulit Anda untuk selalu tetap terjaga, tentunya. Gunakan pula tabir surya pada bagian kaki, ketika Anda hendak pergi ke luar hanya menggunakan alas sandal. Hal ini untuk menghindari kulit kaki dari kulit yang menggelap dan menjadi belang. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi pada kulit Anda, bukan?

Nah, itulah beberapa hal atau tips yang perlu Anda ketahui sebelum hendak pergi liburan ke dataran tinggi. Pastinya, sebelum pergi selalu pastikan bahwa tubuh Anda dalam kondisi sehat, sehingga Anda dapat menikmati waktu liburan dengan lebih maksimal.

Agar persiapan liburan Anda menjadi lebih praktis dan ringkas, Anda dapat memanfaatkan Traveloka, sebagai teman mempersiapkan liburan impian Anda. Dari memesan tiket transportasi, akomodasi penginapan, wisata kuliner, hingga tiket tempat wisata dapat Anda lakukan hanya di dalam satu aplikasi tersebut.

Tak lupa pula, Traveloka juga rajin memberikan promo serta diskon, yang dapat Anda manfaatkan untuk menghemat bujet pengeluaran selama liburan. Jadi, bagaimana? Apa Anda sudah siap untuk liburan ke dataran tinggi bersama Traveloka?

(Content Promotion/Traveloka)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA