Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 21:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Liburan Sekolah, Baca Dulu 5 Tips Traveling Bersama Anak

Syanti Mustika
detikTravel
Suasana di Hotel Padma, salah satu hotel ramah anak di Bandung.
Ilustrasi liburan bersama anak (Tya Eka Yulianti)
Jakarta -

Liburan sekolah menjadi momen membawa anak untuk liburan keluarga. Nih, baca kembali tips liburan membawa anak biar liburan makin seru dan nyaman.

Momentum libur sekolah sering kali dimanfaatkan para orang tua untuk mengajak anak-anak traveling. Traveling dapat membuat hubungan antar anak dan orang tua menjadi lebih harmonis dan dekat.

Pegipegi dalam rilisnya membagikan tips nih untuk traveler yang akan liburan bersama anak di momen liburan sekolah ini. Yuk dibaca.

1. Persiapkan kebutuhan anak

Sebelum pergi traveling, kamu harus mempersiapkan beberapa kebutuhan anak secara lengkap. Seperti baju, susu, camilan, alat makan anak, popok, obat-obatan, dan lainnya.

Perlu diketahui, obat-obatan anak merupakan hal yang paling wajib untuk dibawa ketika traveling. Tak lupa juga, perlu membawa mainan kesukaan anak supaya mereka tidak bosan selama di perjalanan.

pretty beauty girl children kid sitting on floor packing personal travel luggage suitcase in living room at home with teddy bear toy.Packing kebutuhan anak Foto: iStock


2. Pilih destinasi yang ramah anak

Sebelum menentukan destinasi wisata, sebaiknya berdiskusi dengan anak agar destinasi wisata yang ingin dikunjungi sesuai juga dengan yang mereka inginkan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir agar anak tidak rewel hingga ribut minta pulang.

Cari destinasi wisata yang menarik dan ramah untuk anak, misalnya kebun binatang. Sebagai orang tua, Anda harus mengutamakan kebutuhan anak di atas kebutuhan Anda. Biasanya orang tua suka berada di destinasi yang Instagramable untuk berfoto-foto, tapi tidak demikian dengan anak-anak. Perlu Anda ketahui, anak-anak akan merasa bosan ketika hanya datang ke destinasi wisata untuk berfoto, karena mereka lebih suka bermain.

3. Pilih penginapan yang ramah anak

Selain tempat wisata, juga harus mencari hotel yang ramah anak agar mereka betah untuk tinggal di hotel tersebut. Salah satu caranya, cari fasilitas hotel yang menawarkan kolam renang dan playground.

Anak-anak akan merasa bahagia dan tidak rewel ketika mereka melakukan aktivitas yang seru seperti berenang. Tak lupa juga, cari hotel yang dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi agar aksesnya lebih mudah dijangkau. Sebelum booking hotel, pastikan kamu membaca ulasan terkait hotel tersebut ya.

Suasana di Hotel Padma, salah satu hotel ramah anak di Bandung.Suasana di Hotel Padma, salah satu hotel ramah anak di Bandung. Foto: Tya Eka Yulianti

4. Pilih tempat makan sesuai kebutuhan anak

Sebelum makan di restoran, ada baiknya mencari tahu menu yang ditawarkan restoran tersebut. Zaman sekarang, kamu dapat melihat menu di restoran tertentu melalui aplikasi online ataupun mengunjungi Instagram resmi restoran.

Perhatikan apakah menu yang dimiliki restoran tersebut sesuai dengan minat dari anak. Anak-anak biasanya sangat pemilih dalam hal makanan, maka dari itu Anda harus pintar memilih restoran. Anda juga dapat mengajak anak untuk ikut memilih menu dan restoran yang diinginkan.

5. Perhatikan protokol kesehatan

Walaupun sudah ada pelonggaran COVID-19, bukan berarti bebas membawa anak ke mana pun. Sebagai orang tua tetap harus memperhatikan protokol kesehatan mulai dari memakai masker hingga membawa hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering.

Selain itu, sebisa mungkin menghindari tempat wisata yang penuh akan pengunjung. Hal ini karena anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

Nah, traveler dan keluarga mau liburan kemana nih?



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA